Pentingnya Informasi Gelombang di Wilayah Pesisir

382
Pentingnya Informasi Gelombang di Wilayah Pesisir
Eka Suci Puspita Wulandari, Pengamat Stasiun Meteorologi Maritim Lampung. Foto: Ist

Sebatin.com – Terdapat 7 pelabuhan laut di Lampung yang setiap harinya melayani bongkar muat barang dan juga tempat persinggahan kapal-kapal Negara tetangga. Pelabuhan tersebut yaitu pelabuhan di Kota Agung, pelabuhan di Krui, pelabuhan Bakauheni, pelabuhan Labuhan Maringgai, pelabuhan Teladas, pelabuhan Panjang, dan pelabuhan Lempasing.

Setiap harinya kami dari BMKG Maritim Lampung membuat beberapa produk prakiraan yang dapat dinikmati oleh semua masyarkat Lampung terutama masyarakat yang setiap harinya menggunakan jalur Laut untuk bekerja. Prakiraan cuaca yang kami buat akan diperbaharui secara berkala setiap harinya.

Beberapa informasi yang dapat kami berikan seperti prakiraan cuaca pelabuhan Panjang yang berisi mengenai keadaan cuaca, arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, jarang pandang, serta pasang surut maksimum dan minimum. Prakiraan cuaca pelabuhan Panjang ini akan dibuat dalam 2 periode yang masing-masing berlaku untuk 12 jam kedepan dan setelahnya.

Selanjutnya prakiraan cuaca wilayah pelayanan merupakan salah produk yang kami buat setiap harinya, informasi ini berisi prakiraan cuaca di beberapa wilayah perairan Lampung seperti Perairan Barat Lampung, Samudera Hindia Barat Lampung, Selat Sunda Bagian Utara, Selat Sunda Bagian Selatan, dan Perairan Timur Lampung. Untuk setiap wilayah pelayanan tersebut akan kami informasikan keadaan cuaca, arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, serta warning potensi terjadinya gelombang tinggi yang dapat membahayakan pelayaran.

Produk berikutnya adalah prakiraan dari pelabuhan lainnya yang ada di wilayah Lampung. Prakiraan tersebut berisi informasi kondisi cuaca, pergerakan dan kecepatan angin, tinggi gelombang, serta jarak pandang mendatar. Prakiraan ini berlaku selama 12 jam kedepan dan akan diperbaharui keesokan harinya. Jika ada indikasi tinggi gelombang atau kecepatan angin ekstrim akan diinfokan pada kolom warning di akhir Prakiraan.

Gelombang laut yang tinggi dapat menjadi musibah bagi masyarakat yang bekerja sebagai nelayan sebab dapat dengan mudahnya menggulung kapal-kapal yang mereka gunakan untuk menangkap ikan. Kapal dengan ukuran yang besar tentu tidak mudah untuk digulung dengan ombak tinggi, tetapi tetap membahayakan jika pada saat tersebut terdapat Awan Cumulunimbus yang dapat menimbulkan angin kencang dan menambah tinggi gelombang. Untuk menghindari terjadinya masalah ini kami sedini mungkin akan memberikan informasi-informasi yang menyangkut dengan wilayah Perairan di Lampung.

Tentunya kami dari BMKG Maritim Lampung sangat membutuhkan bantuan penyebaran informasi yang kami produksi agar dapat menjangkau seluruh masyarakat Lampung. Bantuan penyebaran dari media cetak, media online, serta radio sangat membantu kami untuk dapat menyebar luaskan informasi tersebut. Informasi mengenai prakiraan cuaca di wilayah Pelayanan Lampung dapat diakses melalui website maritim.bmkg.go.id. Selain itu kami juga melakukan penyebaran informasi melalui media sosial Whatsapp di Grup Info Cuaca BMKG Lampung (0816-404-333).

Penulis: Eka Suci Puspita Wulandari
Pengamat Stasiun Meteorologi Maritim Lampung

Tinggalkan Komentar Anda