Penyebab Hidung Tersumbat dan Cara Mengatasinya

222
Penyebab Hidung Tersumbat dan Cara Mengatasinya
(Ilustrasi)

Sebatin.com – Hidung tersumbat merupakan hal lumrah yang terjadi pada tubuh kita. Bukan hanya orang dewasa, bahkan balita pun bisa saja mengalami hal ini, apalagi di saat cuaca yang kurang menentu seperti saat ini, terserang flu merupakan salah satu penyebab hidung tersumbat. Berikut penjelasaan tentang penyebab hidung tersumbat dan cara mengatasinya.

Berdasarkan informasi yang disandur dari beberapa situs kesehatan, setidaknya ada beberapa hal yang dapat menyebabkan hidung tersumbat, diantaranya akibat penyakit ringan, seperti flu dan sinusitis. Jika mengalami penyakit tersebut, maka akan ada peradangan di bagian rongga hidung dan sinus. Dua organ tersebut kaya akan pembuluh darah, sehingga peradangan ini akan menyebabkan penyempitan rongga hidung akibat bengkaknya pembuluh darah. Hal inilah yang menyebabkan hidung tersumbat.

Karena dikategorikan sebagai penyebab penyakit ringan, rentang waktu yang diderita oleh seseorang biasanya mulai dari 1 sampai dengan 7 hari saja. Namun apabila hidung tersumbat terjadi lebih dari 1 minggu, kemungkinan penyebabnya cukup berat, seperti alergi, polip hidung (tersumbat di satu bagian lubang hidung saja), paparan zat kimia maupun partikel-partikel kecil, bahkan tumor jinak.

Tidak hanya itu, ibu hamil pun dapat mengalami hidung tersumbat. Hal ini dikarenakan adanya fluktuasi hormonal dan meningkatnya suplai darah yang berdampak pada membran hidung menjadi kering, meradang hingga berdarah. Namun hal ini biasanya hanya terjadi pada minggu-mingu ke 12 saja.

Saat terjadi penyumbatan hidung, banyak kesalahan yang dilakukan untuk meredakan gejala ini. seperti mengeluarkan cairan dari dalam hidung dengan sekuat tenaga. Hal ini bukan mengurangi gejala namun malah dapat membuat hidung menjadi lebih meradang yang akan memperparah tersumbatnya lubang hidung.

Hal yang paling simpel saat hidung tersumbat adalah dengan menghirup uap air panas, apabila kondisi tidak memungkinkan, maka bisa merendam handuk ke dalam air panas, lalu letakkan handuk yang telah direndam tersebut di atas hidung hingga melebar ke bagian pipi. Namun jangan lupa untuk memeras handuk terlebih dahulu sebelum diletakkan di atas hidung.

Jika hobi dengan rasa pedas, hal ini juga bisa dijadikan alternatif pengobatan. Caranya dengan memakan makanan yang mempunyai rasa pedas. Rasa pedas akan menghasilkan panas yang berefek juga pada mencairnya cairan di dalam rongga hidung, sehingga cairan lebih mudah dikeluarkan.

Di zaman modern ini, perkembangan ilmu kesehatan juga sudah semakin maju. Untuk meredakan hidung tersumbat bisa dengan membeli inhealer ataupun balsam di apotik. Lalu bisa langsung digunakan di mana saja, bahkan saat sedang berkativitas. (Willi)

Tinggalkan Komentar Anda