Percetakan Bagus, Bangkit dari Kegagalan

635
Percetakan Bagus, Bangkit dari Kegagalan
Imam Bagus Harmoko pendiri Percetakan Bagus Banjarnegara, Jawa Tengah. Foto: Imam Bagus Harmoko

Sebatin.com, Jawa Tengah – Bidang percetakan adalah dunia kreativitas yang harus terus berputar dan diperbaharui. Sehingga menghasilkan produk yang senantiasa baru dan diterima di pasaran. Dunia percetakan meliputi pembuatan undangan, leaflet, brosur, kartu nama, buku, dan jenis-jenis media lainnya.

Percetakan Bagus adalah salah satu percetakan yang sudah berdiri cukup lama di Banjarnegara, Jawa Tengah. Percetakan Bagus telah mengalami banyak tantangan dan juga hambatan dalam awal berdirinya.

Percetakan Bagus pada awalnya adalah sebuah usaha rental komputer, dengan modal satu unit komputer dan satu unit printer. Nama rental itu adalah Farismediacom. Farismediacom berkembang sangat pesat dan sehingga mulai merambah bidang percetakan. Tapi seiring berkembangnya, Farismediacom juga mengalami kendala, diantaranya ketidak sesuaian pesanan, waktu cetak yang lama, dan kualitas cetakan yang tidak sesuai. Sehingga banyak relasi dan pelanggan yang meninggalkan Farismediacom.

Imam Bagus Harmoko, pemilik Farismediacom, terus belajar dan memperbaiki diri. Memperbaiki segala kekurangan yang timbul dan mencoba kembali menggaet para relasi yang dulu bekerja sama. Akhirnya Imam mengganti nama farismediacom dengan Percetakan Bagus.

“Kini Percetakan Bagus memfokuskan diri pada percetakan tanpa ada rental komputer lagi. Jenis produk kami antara lain undangan, nota, banner, kartu nama, kalender, dan masih banyak lagi. Tak jarang kami menyesuaikan produk sesuai permintaan relasi dan pelanggan,” terang Imam.

Imam menambahkan, seiring bertambahnya pengalaman, terus belajar, dan tetap memperbaiki diri, sejumlah pelanggan akhirnya kembali mempercayakan berbagai pekerjaan pada Percetakan Bagus. Percetakan Bagus kini telah memiliki beberapa unit mesin cetak.

Kegagalan yang membuat Imam kehilangan relasi, menjadi cambuk untuk terus belajar dan berbenah. Setelah melewati berbagai hambatan itu, kini Percetakan Bagus mampu memiliki omset usaha sekitar 5 sampai 8 juta per bulannya.

“Intinya hidup itu hanya menanam, berjalan, dan melakukan yang terbaik. Hal itu yang saya terapkan, baik dalam usaha mau pun dalam kehidupan pribadi saya. Hitungan untung tidak perlu di akumulasi. Itu hanya hadiah atas kejujuran hati, menikmati pekerjaan, dan melakukan yang terbaik saja,” papar Imam.

Percetakan Bagus dalam waktu dekat ini akan merambah bidang fotografi, baik pre wedding mau pun wedding, dan juga photo story.

“Niatkan karena rasa cinta kepada Allah, jangan sombong agar bisa terus belajar dari siapa pun, Bismillah, bersyukur, kenali banyak relasi dengan niat silaturahmi. Dan yang terpenting, jangan mengambil pinjaman dari bank,” tutur Imam membagikan tips untuk membuka usaha.

Sobat yang ingin memesan undangan, notebook, atau kartu nama bisa langsung menghubungi Percetakan Bagus. Percetakan Bagus melayani pemesanan melalui online juga. (Tia MS)

Tinggalkan Komentar Anda