Perekrutan PNS Kota Metro Hanya Untuk Gantikan Pegawai yang Pensiun

705
Perekrutan PNS Kota Metro Hanya Untuk Gantikan Pegawai yang Pensiun
Suasana Tes CPNS. (Illustrasi)

Sebatin.com – Hingga Maret 2016 jumlah Pegawai Negri Sipil (PNS) di Kota Metro mencapai 4.788 pegawai. Kebutuhan ideal PNS di Bumi Sai Wawai ini, menurut Walikota Metro Achmad Pairin, adalah sekitar 5.609 pegawai, artinya untuk mencapai ke tingkat ideal, Pemerintah Kota (Pemkot) Metro masih kekurangan tenaga PNS sebanyak 821 pegawai.

Kepada pemerintah pusat, Pemkot Metro hanya akan mengajukan formasi CPNS untuk mengisi kekosongan karena pensiun. Hal itu dilakukan guna membatasi perekrutan CPNS.

“Kekurangan itu terutama pada jabatan-jabatan fungsional, seperti tenaga guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis, dan lain-lain. Nah, kualifikasi tersebut tidak bisa diganti dengan PNS yang ada saat ini. Karena tidak sesuai,” katanya, Kamis (28/4/2016).

Karena itu, terus Pairin, secara prinsip, Pemkot Metro sependapat dengan pembatasan rekrutmen CPNS. Dengan mempertimbangkan, usulan formasi hanya untuk mengganti pegawai-pegawai, yang pensiun pada jabatan tertentu.

“Tapi, usul yang kami ajukan belum tentu disetujui. Dan, pengadaan atau pengangkatan CPNS juga belum tentu setiap tahun ada. Misal, formasi kami usulkan 567 orang, tapi disetujui Kemenpan RB hanya 49 orang saja,” katanya.

Sementara, jumlah PNS yang pensiun di Pemkot Metro, rata-rata mencapai lebih dari 100 pegawai setiap tahun. (Embun)

Tinggalkan Komentar Anda