Peringati HUT PMI Kota Meto Ke-73, Achmad Pairin Ikut Gebyar Donor Darah

87
Peringati-HUT-PMI-Kota-Meto-Ke-73,-Achmad-Pairin-Ikut-Gebyar-Donor-Darah-01
Walikota Metro, Achmad Pairin, yang juga selaku Ketua PMI Kota Metro, saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan acara peringatan HUT PMI Kota Metro ke-73 Tahun 2018 dan Gebyar Donor Darah, di Gedung Wisma Haji Kota Metro, Rabu (19/09/18).

Sebatin.com, Kota Metro – Walikota Metro, Achmad Pairin secara langsung menghadiri kegiatan Gebyar Donor Darah, dalam rangka peringatan HUT Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Metro ke-73 Tahun 2018, yang mengusung tema “Bersama Kita Membantu Sesama Dalam Semangat Kepahlawanan Relawan”, dan dilaksanakan di Gedung Wisma Haji Kota Metro, Rabu (19/09/18).

Dalam sambutannya, Achmad Pairin yang juga menjabat selaku Ketua PMI Kota Metro, dengan penuh perasaan bangga menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Gebyar Donor Darah tersebut. “Kegiatan ini sejalan dengan misi Kota Metro Tahun 2016-2021, yaitu “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Sektor Pendidikan dan Kesehatan”, terangnya.

“Cakupan darah di Kota Metro, dalam satu tahun nya telah mencapai 14.000 kantong darah, akan tetapi dari jumlah tersebut, ada diantaranya yang tidak diperbolehkan untuk diberikan kepada orang lain. Karena proses transfusi darah, tidak bisa gegabah dan sembarangan, harus melalui pemeriksaan yang detail dan ketat. Darah dari pendonor tidak semuanya bisa di teruskan kepada yang membutuhkan, jika di dalam darah itu mengandung penyakit hepatitis, penyakit sifilis, dan penyakit HIV”, papar Ketua PMI Kota Metro tersebut.

Peringati-HUT-PMI-Kota-Meto-Ke-73,-Achmad-Pairin-Ikut-Gebyar-Donor-Darah-02
Walikota Metro berfoto bersamam usai penandatanganan MoU VCT Dinkes dan RSU Ahmad Yani, serta PMI Kota Metro.

Sebelumnya, dalam laporan Ketua Panitia Gebyar Donor Darah PMI Kota Metro, dr. Ade Kurniawan menerangkan, bahwa kebutuhan akan darah di Kota Metro, dalam setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. “Hal tersebut merupakan tantangan bagi Unit Donor Darah (UDD) PMI, untuk terus melakukan inovasi dan aksi dalam upaya melaksanakan pemenuhan kebutuhan darah tersebut”, ujarnya.

“Walaupun belum 100 persen, tetapi kami mampu mengimbangi peningkatan kebutuhan tersebut, hal ini bukan karena kerja kami, namun ini adalah karena adanya niat baik dan dan jiwa-jiwa penolong dari para pahlawan dan relawan donor darah sukarela”, ungkap dr. Ade Kurniawan.

Peringati-HUT-PMI-Kota-Meto-Ke-73,-Achmad-Pairin-Ikut-Gebyar-Donor-Darah-00
Walikota Metro berfoto bersama para pahlawan dan relawan darah Kota Metro.

Usai sambutan, acara diteruskan dengan penandatanganan MoU VCT Dinkes dan RSU Ahmad Yani, serta PMI Kota Metro, dan dilanjutkan dengan Penyerahan Piagam Penghargaan sebagai Pelopor Donor Darah, serta Pemotongan Tumpeng oleh Walikota Metro dan Ketua PMI Provinsi Lampung.

(*)

Tinggalkan Komentar Anda