Peringati HUT Pringsewu ke 9, Dinas Pendidikan dan Kebudayan Adakan Lomba Gobak Sodor

6
Perlombaan tradisional Gobak Sodor. Foto : Sanusi-Sebatin.com

Sebatin.com, Pringsewu – Dalam rangka menyambut sekaligus memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pringsewu yang ke 9, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Pringsewu menggelar Perlombaan tradisional Gobak Sodor. Perlombaan ini sudah dilakukan sejak beberapa hari dan diikuti oleh para dewan guru sekolah dasar (SD) se-Kabupaten Pringsewu.

“Perlombaan ini digelar untuk memeriahkan HUT Kabupaten Pringsewu, juga sebagai ajang Silaturahmi, dimana para dewan guru di sembilan Kecamatan yang ada di Kabupaten Pringsewu bisa saling kenal, serta saling tukar pikiran bagaimana cara meningkatkan mutu pendidikan di sekolah masing-masing,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pringsewu, Drs. Tri Prawoto, MM., kepada Sebatin.com, Kamis (15/3/2018).

Kemudian, lanjutnya, perlombaan sengaja dipilih Gobak Sodor karena perlombaan tersebut mempunyai keunikan dan hampir punah. “Dengan demikian, secara tidak langsung Disbud telah andil dalam pelestarian perlombaan tradisional ini,” ungkapnya.

Tri Prawoto berharap, melalui momen tersebut akan terjalin persaudaraan yang erat antara para dewan guru dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Pringsewu.

M. Tobib, salah satu guru olahraga mengapresiasi diadakannya kegiatan tersebut. Karena menurutnya, hanya melalui kegiatan itu, pihaknya bisa saling kenal kepada sesama guru yang jaraknya berjauhan.

“Saya berharap tahun depan momen seperti ini juga bisa digelar kembali, dan bisa ditambah lagi cabang-cabang perlombaannya,” tandasnya.

Reporter  : Sanusi
Editor      : Addarori Ibnu Wardi

Tinggalkan Komentar Anda