Perkuat Sentra Pertanian, DPRD Metro Ingatkan Eksekutif Untuk Pertahankan Lahan Pertanian

1
Perkuat Sentra Pertanian, DPRD Metro Ingatkan Eksekutif Untuk Pertahankan Lahan Pertanian
Ketua Bapemperda DPRD Metro Yulianto

Sebatin.com, Kota Metro – DPRD Kota Metro mengingatkan eksekutif untuk mempertahankan lokasi lahan pertanian di Bumi Sai Wawai. Upaya tersebut sebagai langkah memperketat proses alih fungsi lahan.

Ketua Bapemperda DPRD Metro Yulianto menerangkan, saat ini wilayah Metro Utara dan Metro Selatan sudah menjadi sentra produksi pertanian. Kota Metro pun telah memiliki perda yang mengatur tentang alih fungsi lahan. ”Namun yang terpenting sekarang bagaimana kita dapat mempertahankan lokasi yang ada agar tidak beralih fungsi,” tegasnya, Jumat (31/1/20).

Tahun ini, lanjut Yulianto, DPRD tengah menyusun perubahan mengenai Perda Rencana Tata Ruang Tata Wilayah (RTRW). Langkah ini untuk memperkuat sentra pertanian di Kota Metro. ”Nanti ada beberapa perubahan di perda ini. Agendanya sudah masuk dalam Propemperda. Pembahasan diperkirakan mulai Mei sampai Juni mendatang,” tambahnya.

Ia menambahkan, untuk wilayah Kecamatan Metro Pusat, Metro Timur, dan Barat memungkinkan adanya perubahan alih fungsi lahan pertanian. Namun sentra wilayah pertanian di wilayah Metro Utara dan Selatan harus dipertahankan.

”Jika upaya ini bisa berjalan sesuai rencana, hasil pertanian juga dapat lebih maksimal. Khusus untuk wilayah pertanian juga harus diperketat, utamanya mengenai alih fungsi lahan. Terlebih kita juga sudah ada perda yang mengatur soal masalah seperti ini,” pungkas Yulianto. (Red)

Tinggalkan Komentar Anda