Persiapan Awal Sebelum Membuka Toko Online

764
Persiapan Awal Sebelum Membuka Toko Online
Persiapan Awal Sebelum Membuka Toko Online (Ilustrasi)

Sebatin.comPersiapan awal sebelum membuka toko online adalah suatu hal yang penting untuk dilakukan. Ibarat hendak maju ke medan perang, jika amunisi yang Anda bawa tidak mencukupi, tentu akan sangat berbahaya. Sama halnya dengan toko online, andai segala sesuatunya tidak Anda persiapkan dengan baik, maka berbagai resiko bisa saja terjadi.

Berikut ini portal berita online Lampung, Sebatin.com akan menyampaikan beberapa informasi penting berkenaan dengan persiapan awal sebelum membuka toko online. Silakan disimak, semoga bermanfaat buat Anda.

Persiapan Awal Sebelum Membuka Toko Online Yang Perlu Anda Ketahui

1. Stok Produk
Pastikan Anda telah menyiapkan stok produk terlebih dahulu, supaya ketika ada konsumen yang melakukan order, Anda bisa langsung mengirim barangnya. Hal ini demi menjaga kecepatan pelayanan dari toko online Anda, sebab respon yang cepat adalah salah satu kunci sukses berjualan online.

2. Alat Pengemas
Sebelum produk dikirim tentu perlu dikemas terlebih dahulu, oleh karena itu Anda wajib menyiapkan alat-alat pengemas/pengepak barang, seperti kertas pembungkus, isolasi, kotak kardus/kayu, bubble wrap, koran bekas, gunting, lem, cutter, dan lain sebagainya.

3. Nomor Kontak & Email
Nomor kontak memiliki peranan yang sangat penting, sebab biasanya konsumen akan melakukan pemesanan barang melalui nomor kontak. Jadi, sangat disarankan bagi Anda untuk menyiapkan beberapa nomor kontak utama yang meliputi nomor telepon/HP, SMS, Pin BB, dan WhatsApp. Selain itu, Anda juga perlu menyediakan minimal 2 buah akun email dari yahoo.com dan gmail.com.

4. Format Pesan Balasan
Membuat beberapa format pesan balasan di handphone Anda adalah cara yang sangat cerdas. Misalkan Anda membuat format pesan seperti ini: Terima kasih telah melakukan order di toko online kami, mohon tunggu sebentar kami akan menghitung total biayanya. Ketika ada pembeli yang melakukan order melalui SMS, WhatsApp, atau BBM, maka untuk membalas pesan tersebut Anda cukup mengcopy-paste format pesan yang telah Anda siapkan sebelumnya.

5. Rekening Bank
Sebelum membuka toko online, sebaiknya Anda sediakan minimal 2-3 rekening bank yang berbeda, misalkan rekening BCA, Mandiri, dan BRI. Selain itu, mintalah token kepada pihak bank agar Anda bisa menggunakan fasilitas internet banking. Dengan internet banking Anda dapat mengetahui setiap transferan yang masuk secara cepat, selain itu Anda pun bisa melakukan berbagai transaksi online lainnya.

6. Data Ongkos Kirim
Untuk mendapatkan data ongkos kirim dari wilayah Anda ke seluruh Indonesia, Anda dapat memintanya langsung ke pihak perusahaan jasa pengiriman atau Anda juga bisa mendownload aplikasi ongkos kirim ini di Google Play Store.

7. Tabel Database Produk
Buatlah Tabel Database Produk yang kurang lebih isinya adalah Nama Produk, Kode Barang, Harga Modal, Harga Jual, dan Jumlah Stok Barang.

8. Foto Produk
Karena dalam belanja online konsumen hanya bisa melihat foto produknya saja, maka wajib bagi Anda untuk menyediakan foto produk dengan kualitas yang bagus.

9. Deskripsi Produk
Selain foto produk, konsumen juga membutuhkan informasi mengenai produk yang ingin mereka beli, oleh karena itu buatlah deskripsi produk sedetail mungkin. Dalam deskripsi produk tersebut Anda bisa mencantumkan info-info penting, seperti bahan baku, ukuran, pilihan warna, dan sebagainya. Semakin detail deskripsi produk yang Anda buat, maka akan semakin baik.

10. Website Toko Online
Jika di dunia nyata Anda perlu menyediakan lapak untuk berjualan, maka sama halnya dengan di dunia maya, Anda pun membutuhkan lapak berupa website untuk memasarkan barang dagangan Anda. Untuk itu siapkanlah sebuah website toko online dengan tampilan menarik, ringan, dan mudah dioperasikan. Andai saat ini Anda belum mampu membuat website sendiri, tidak usah khawatir karena Anda bisa memanfaatkan jasa developer website yang banyak tersebar di internet. (Ombung)

Tinggalkan Komentar Anda