Persiapan Pemilu 2019, KPUD Kota Metro Verifikasi 16 Partai Politik

45
Anggota Tim Verivikasi II KPUD Kota Metro, Nova Hadiyanto, S.IP., M.Si saat menjelaskan Agenda Verifikasi Parpol, Selasa (30/1/2018). Foto : Ibnu - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kotra Metro melakukan verifiksasi faktual terhadap enam belas Partai Politik (Parpol) yang ada di Kota setempat.

Salah satu Anggota Tim Verikasi II KPUD Kota Metro, Nova Hadiyanto, S.IP., M.Si kepada Sebatin.com mengatakan, dari 16 Parpol tersebut terdiri dari 12 Parpol lama, dan 4 Parpol baru.  Partai lama yang dimaksud adalah Parpol yang sudah ikut Pemilu 2014 yang lalu, Selasa (30/1/2018).

Verifikasi tersebut digelar sejak tanggal 29 januari hingga 1 februari mendatang. Verikasi tersebut, sesuai dengan dengan hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK), yang mana, semua Parpol, baik Parpol lama maupun yang baru untuk diverifikasi.

Anggota Tim Verifikasi berbincang bersama, Selasa (30/1/2018). Foto : Ibnu – Sebatin.com

“Tetep diverifikasi, partai lama maupun partai baru,” jelasnya.

Nova menuturkan, pasca keputusan MK itu, Peraturan KPU (PKPU) berubah. Dimana, PKPU lama masih menggunakan Verivikasi Administrasi dan Faktual, PKPU yang baru hanya Verifakasi Faktual saja.

“Verifikasi ini meliputi, Verifikasi kepengurusan. Kita cek tentang Ketua, Sekretaris, dan Bendahara harus sesuai dengan sipol,” tuturnya.

“Lalu yang kedua, keterwakilan 30% keikutsertaan perempuan didalam kepengurusan, tapi untuk tingkat kota dan kabupaten hanya memperhatikan, untuk ini. Dan selanjutnya, Domisili  Kantor Parpol,”katanya.

Domisi kantor ini, lanjutnya, ada 2 hal yang dikroscek. Pertama, meminta keterangan dari Kelurahan tempat domisili parpol tersebut, lalu pernyataan dari pimpinan partai dingkat Kota bahwa kantor itu akan digunakan sampai selesai helatan Pemilu 2019 mendatang. Selain itu juga, KPUD Kota Metro akan memverifikasi 5% keanggotaan parpol dari jumlah anggota se Kota Metro.

Nova juga membocorkan bahwa, KPUD Kota Metro hingga 18 Februari mendatang sedang melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) Daftar pemilih Tetap (DPT) untuk persiapan Pemilihan Gubernur (Pilgub). Rencananya, untuk  KPUD Kota Metro juga akan melakukan tahapan memilih tempat untuk kampanye untuk pemilu ke depan.

Reporter  : Ibnu
Editor      : Addarori Ibnu Wardi

Tinggalkan Komentar Anda