Petasan, Memanfaatkan Momentum Lebaran Untuk Mendapatkan Rupiah

1093
Petasan, Memanfaatkan Momentum Lebaran Untuk Mendapatkan Rupiah
Salah Satu Lapak Petasan Di Area Pasar Kota Metro. Foto: Wahyu - Sebatin.com

Sebatin.com – Petasan selalu erat kaitannya dengan hari perayaan, entah itu perayaan tahun baru, perayaan Ramadhan, ataupun perayaan Idul Fitri. Mengingat bahwa sebentar lagi umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Fitri, tidaklah mengherankan jika saat ini mulai banyak penjual petasan atau kembang api bermunculan di berbagai sudut jalan dan kios-kios kecil. Mereka memanfaatkan momentum lebaran untuk mendapatkan rupiah.

“Lumayan buat nambah penghasilan, selain berjualan petasan saya juga berjualan minuman. Kalau petasan kan awet, meskipun tidak terjual habis, nanti bisa dijual waktu perayaan tahun baru atau Imlek,” tutur Agus sambil merapihkan dagangannya (22/06/2016).

Di Metro sendiri banyak sekali penjual petasan, mereka rata-rata menggelar dagangannya di tempat-tempat keramaian, seperti pasar, taman kota, di depan Supermarket, dan lain sebagainya.

Meskipun jumlah penjualan dari petasan sendiri tidak pasti, namun Agus tetap mensyukurinya. Agus juga menjelaskan kalau biasanya petasan mulai banyak dibeli 3 hari sebelum Idul Fitri tiba.

“Kalau tahun baru itu kan waktu berjualannya cuma 1 minggu, sedangkan untuk Idul Fitri waktunya bisa 1 bulan lebih,” terang Agus kepada Sebatin.com.

(Wahyu)

Tinggalkan Komentar Anda