Pilgub Lampung 2018, Partisipasi Suara Masyarakat Kota Metro Menurun

57
Pilgub-Lampung-2018,-Partisipasi-Suara-Masyarakat-Kota-Metro-Menurun-01
Suasana penghitungan Desk Pilkada Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Metro, Rabu (27/06/2018).

Sebatin.com, Kota Metro – Partisipasi masyarakat Kota Metro, sebagai pemilih dalam ajang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung 2018, menurun. Statmen tersebut disampaikan oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Metro, berdasarkan hasil penghitungan desk Pilkada Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Metro, Rabu (27/06/2018), pukul 14.30 Wib.

Kepada media, Sekda Kota Metro, Nasir AT menerangkan, dari suara masuk sebesar 37 persen, partisipasi pemilih terhitung sekitar 70 persen. Persentasi tersebut menurun jika dibandingkan pada Pilwakot Metro yang mencapai 76,26 persen.

”Berdasarkan data yang masuk dari tim monitoring, untuk tingkat partisipasi memang ada penurunan jika dibandingkan tahun sebelumnya. Dan temuan ini akan kita evaluasi, agar dapat diperbaiki pada Pileg, Pilpres, dan Pilwakot mendatang”, jelasnya di Kantor Kesbangpol.

Pilgub-Lampung-2018,-Partisipasi-Suara-Masyarakat-Kota-Metro-Menurun-02
(kiri) Kepala Kesbangpol Kota Metro, Nur Elman, dan (kanan) Sekda Kota Metro, Nasir AT.

Ditambahkan oleh Kepala Kesbangpol Kota Metro, Nur Elman, berdasarkan pantauan di TPS, jumlah partisipasi pemilih di Kota Metro mencapai 70 persen. Namun persentasi tersebut baru berdasarkan 37 persen suara yang masuk ke Kesbangpol.

”Sejauh ini jumlah partisipasi masih 70 persen. Tetapi saya yakin jumlah partisipasi ini masih bisa meningkat lagi jika suara masuk sudah mencapai 100 persen”, terangnya.

Sementara berdasarkan hasil penghitungan Desk Pilkada Kesbangpol, dengan suara masuk 37 persen, pasangan Arinal-Nunik unggul dengan perolehan suara 37,16 persen, disusul pasangan Herman HN-Sutono 26,96 persen. Kemudian Ridho Ficardo-Bachtiar Basri 24,08 persen dan pasangan Mustafa-Jajuli 11,80 persen.

(Ade Embun)

Tinggalkan Komentar Anda