Poktan Bina Sejahtera Pringsewu Kembangkan Budidaya Kambing Etawa

37
Peternakan milik Kelompok Tani Bina Sejahtera, Pekon Waringinsari Timur, Kecamatan Adiluwih, Kabupaten Pringsewu. Foto : Sanusi - Sebatin.com

Sebatin.com, Pringsewu – Selain menekuni bidang Pertanian dan Koperasi Simpan Pinjam, sejak tahun 2016 silam Kelompok Tani (Poktan) Bina Sejahtera, Pekon Waringinsari Timur, Kecamatan Adiluwih, Kabupaten Pringsewu, juga menekuni bidang Peternakan, yakni budidaya tenak kambing Peranakan Etawa (PE).

“Bermula dengan memelihara  kambing PE 20 ekor betina, dan 3 ekor pejantan (total 23ekor), dan saat ini mulai berkembang menjadi 38 ekor. “Ujar Ketua Kelompok Tani (Poktan) Bina Sejahtera Supardi kepada Sebatin.com, Minggu (11/2/2018.

Kemudian, jelas Pardi, kelompoknya memilih ternak kambing jenis ini karena beberapa alasan, diantaranya, nilai jual tinggi, tidak mudah terserang penyakit, dan penyakit yang menyerang-pun  mudah diatasi.

“Dan untuk masalah pakan ternak kambing ini sudah menggunakan permentasi (pakan yang di awetkan) seperti onggok, kulit singkong, dedak gilingan jagung, dan dedaunan hijau,” kata Pardi.

Sebagai pendukung pertaniannya, poktan Bina Sejahtera juga melakukan pengolahan kotoran kambing tersebut untuk dijadikan pupuk kompos.

“Dengan cara mencampuri kotoran tersebut dengan sekam padi, tai gergaji, kulit kakao, kapur tanah, kemudian di taburi Micro Organisme Lokat (Mol). Setelah itu dibiarkan selama 20 hari, lalu kotoran beserta campuran tersebut digiling, dan siap pakai,” tambahnya.

Supardi menghimbau kepada Pengurus dan Anggota Poktan Binaannya untuk selalu bekerja sama dengan baik, agar kedepan, Poktan Bina sejahtera bisa lebih berkembang lagi. Dia juga berharap kepada Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu, agar hendaknya bisa membantu pengadaan gedung tempat pengelolaan Pupuk Kompos.

“Dari kotoran kambing tersebut,” tuturnya.

Reporter : Sanusi
Editor     : Addarori Ibnu Wardi

Tinggalkan Komentar Anda