Posdaya Nurul Iman Tejoagung Dirikan Koperasi

804
Posdaya Nurul Iman Tejoagung Dirikan Koperasi
Rapat Pendirian Koperasi Posdaya Nurul Iman, Tejoagung.

Sebatin.com – Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Masjid Nurul Iman kelurahan Tejoagung mendirikan koperasi syari’ah dengan nama BMT Cahaya Ummah, di kediaman ketua LPM kelurahan Tejoagung Hero Narjito, Rabu (18/5/2016) kemarin. Hadir pada acara tersebut sekretaris Dinas Koperasi Kota Metro, Mashut, S.IP, Kasi kelembagaan, Ujang, S.IP, Camat Metro Timur, Dra. Rosita, dan Sudirman AM dari LPPM UM Metro selaku Pendamping Posdaya Nurul Iman.

Acara dibuka dengan bacaan Basmallah dilanjutkan laporan ketua panitia Siti Nurjannah, S.Ag. yang menyampaikan visi misi didirikannya Koperasi oleh Posdaya Nurul Iman dilanjutkan pengarahan dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Metro serta sambutan Camat Metro Timur.

Dalam pengarahannya, kasi kelembagaan Ujang, S.IP menegaskan bahwa koperasi sebagai soko guru perekonomian nasional, dijamin UU No. 25 tentang Koperasi, UU No. 17 tahun 2012 tentang soko guru dan di bawah kontrol Otoritas Jasa Keuangan (OJK), untuk itu lanjut Ujang, segala kegiatan koperasi baik yang bersifat administratif maupun teknis di lapangan wajib merujuk pada peraturan kelembagaan koperasi yang telah ditentukan. Beliau juga menambahkan bahwa khusus koperasi yang bersifat syari’ah diharuskan mendapat rekomendasi dari MUI setempat, pungkasnya sambil meminta kepada Dewan Syari’ah koperasi ini segera mengurus rekomendasi dimaksud.

Sementara itu Camat Metro Timur Dra. Rosita memberikan apresiasi dan dorongan penuh kepada Posdaya Nurul Iman Tejoagung untuk terus berkarya di masyarakat.

“Sebagai Posdaya yang telah menjadi Rujukan Nasional, saya memberikan dukungan penuh pendirian koperasi syari’ah ini. Yang terpenting tetap patuh dengan AD/ART dan jangan bosan belajar ilmu koperasi. Kontrol terus kemajuannya agar kelak tumbuh menjadi Koperasi Syariah yang terbaik,” ujarnya semangat.

Rapat pendirian koperasi ini dihadiri pula oleh seluruh anggota pendiri dan untuk yang pertama kali mereka sepakat menetapkan kepengurusan sebagai berikut:

  • Badan Pengawas Hero Narjito
  • Dewan Syari’ah Umar Budiono dan Widiyanto
  • Ketua Siti Nurjannah S.Ag., Sekretaris Ekowati, dan Bendahara Novita
  • Pengelola/Manager Kholid Muhdam

Rapat juga menetapkan simpanan pokok sebesar Rp. 1.000.000 serta simpanan wajib Rp. 10.000. Rapat diakhiri pembacaan notulen hasil rapat dan penyiapan pemberkasan untuk mengurus AD/ART. Mari kita songsong hadirnya Koperasi “BMT CAHAYA UMMAH” Tejoagung tersebut, semoga tumbuh menjadi BMT yang sehat dan kuat yang mampu member cahaya bagi umat sekitarnya. (Budiyanto)

Tinggalkan Komentar Anda