PPP Beri Isyarat Dukung Khofifah–Emil Pada Pilgub Jatim 2018

182
Pendukung PPP Saat kampanye. Foto : Istimewa

Sebatin.com, Jakarta – Menjelang Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) Tahun 2018 mendatang, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengisaratkan untuk mendukung pasangan Khofifah-Emil. Hal itu diungkapkan langusng oleh Sekertaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Jatim, Norman Zein Nahdi, serta Wakil Sekertaris Jenderal (Wasekjend) DPP PPP, Achmad Baidowi, Rabu (22/11).

Melalui pesan pribadinya, Norman Zein Nahdi atau yang akrab dipanggil Didik ini menjelaskan, DPW PPP Jatim belum mengusulkan Bakal Calon Gubernur (Bacagub) kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP. Karena, jelas Didik, masih ada mekanisme yang harus dilalui dalam proses rekom Bacagub.

“Mekanisme tersebut. Yaitu, rapimwil….didalam rapimwil tersebut akan ada pandangan umum setiap dpc2 se jatim….baru setelah rapimwil kita laporkan semua ke dpp hasilnya dan arah dpc2 se jatim dalam mendukung bakal calon gubernur….,” terang Didik kepada sebatin.com melalui Whatsapp mesengernya.

Sampai saat ini, lanjut Didik, ada beberapa nama yang sudah mendaftar ke DPW PPP Jatim diantaranya, Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf, dan Kombes. Pol. Safiin. Sementara Khofifah, ia tidak mendaftar ke DPW, akan tetapi langsung ke DPP PPP. Sedangkan DPW PPP Jatim sendiri hendak menyiapkan kader sendiri.

“PPP jatim menyiapkan dan menawarkan nama Ketua DPW PPP Jatim sdr Musyaffak Noer dan merupakan hasil keputusan rakorwil beberapa bulan yg lalu di asrama haji untuk mendampingi siapun yg akan di calonkan gubernur,” terang Didik.

Didik sendiri mengaku, Partai Belambang Ka’bah tersebut di Jatim memang hanya mempunyai 5 jumlah kursi di DPRD. Akan tetapi, kata didik, PPP Jatim memiliki peranan yang sangat penting. Sebab, PPP mempunyai struktur dan basis kultur yang kuat. Meski sudah menyiapkan kader sendiri, DPW PPP tetap akan tunduk terhadap semua keputusan dari DPP,

“Kedua pasangan yg muncul saat ini adalah mewakili para nahdliyin…..Dpw ppp jatim mendukung apapun keputusan dpp nantinya rekom jatuh kepada siapa….tetapi dpp juga harus mendengarkan aspirasi dari dpc2 se jatim nanti dalam rapimwil,” Lanjutnya.

Secara pisah, Wasekjend DPP PPP, Achmad Baidowi mengungkapkan, pihaknya masih menunggu hasil rapat internal DPP yang rencananya akan dilakukan akhir pekan ini. Namun, Politisi yang akrab disapa Awie’ ini mengisayatkan, DPP PPP akan mengambil keputusan untuk mendukung pasangan Khofifah-Emil. Hal itu dikarenakan melihat dari hasil survei yang menyatakan bahwa peluang Emil Dardak lebih besar.

“Ya …kemungkinan kesana (Mendukung Khofifah – Emil),” Tuturnya melalui mesenger kepada sebatin.com.

Untuk penilaian tentang Khofifah dan Emil, baik Awie’ maupun Didik sama-sama memuji sebagai pasangan yang ideal. Sebab, Khofifah dianggap mewakili kaum Religius yang meliputi wilayah Tapalkuda, sedangkan Emil mewakili kaum Nasionalis di wilayah Mataraman. Keduanya juga mengajak agar Pilkada Jatim ini didorong dengan keadaan yang sejuk, aman dan damai.

Sebelumnya, tersirat kabar bahwa, Partai NasDem secara resmi mengusung Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa. Terakhir, Partai Demokrat secara resmi memberikan rekomendasinya untuk Khofifah bersanding dengan Bupati Trenggalek, Emil Dardak, Selasa (21/11). Sedangkan PKB dan PDIP sudah lebih dulu menyatakan untuk mendukung pasangan antara Wagub Jatim, Saifullah Yusuf dengan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Kontributor : Addarori Ibnu Wardi

Tinggalkan Komentar Anda