Presiden Kecam Klaim AS Atas Yerussalem

186
Presiden RI, Joko Widodo mengecam keras klaim Amerika Serikat tentang Yerussalem saat jumpa pers di Istana Bogot, Jawa Barat, Kamis (7/11) kemarin. Foto : Istimewa

Sebatin.com, Jakarta – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengecam keras atas klaim sepihak dari Amerika Serikat (AS) atas Yerussalem yang diakui sebagai Ibu Kota Israel. Pernyataan tersebut disampai oleh presiden saat jumpa pers di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (7/11) kemarin.

Menurut persiden, ia meminta kepada Amerika untuk mempertimbangkan kembali keputusan tersebut. Sebab, hal itu melanggar resolusi Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB yang didalamnya ada Amerika sebagai anggota tetapnya. Klaim sepihak itu, kata presiden ke 7 ini, justru akan mengganggu stabilitas keamanan dunia.

“Saya dan rakyat Indonesia, kita semuanya, tetap konsisten untuk terus bersama dengan rakyat Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaan dan hak-haknya sesuai dengan amanah Pembukaan UUD 1945,” kata Presiden.

Dalam beberapa hari ini, lanjutnya, Pemerintah Indonesia telah berkomunikasi dengan negara-negara OKI agar mengadakan sidang khusus tentang masalah ini, serta meminta PBB untuk segera bersidang menyikapi pengakuan sepihak AS.

“Saya telah memerintahkan Menlu untuk memanggil Dubes AS untuk langsung menyampaikan sikap Pemerintah Indonesia,” Ungkap Presiden.

(Red)
Editor : Addarori Ibnu Wardi

Tinggalkan Komentar Anda