Pringsewu Gelar Pelatihan Guna Peningkatan Kapasitas Kepala Pekon dan Perangkatnya

112
Pringsewu-Gelar-Pelatihan-Guna-Peningkatan-Kapasitas-Kepala-Pekon-dan-Perangkatnya
Suasana pelaksanaan kegiatan pelatihan bagi Kepala Pekon dan perangkatnya. Foto : San sebatin.com

Sebatin.com, Pringsewu – Dalam upaya peningkatan kapasitas Kepala Pekon, pemerintah Pringsewu melalui melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Pekon (DPMP) Kabupaten Pringsewu menggelar pelatihan, di Balai Pekon Pandansari Selatan Sukaharjo Pringsewu, Kamis (19/10/2017).

Wahyu Darmanto Kepala Bidang Pengembangan dan Pembangunan DPMP Kabupaten Pringsewu mengatakan bahwa diadakannya pelatihan ini sesuai UU Nomor 6 Tahun 2014, dan Pemerintah berharap agar aparatur pekon bisa merubah pola kerjanya sesuai dengan kapasitas terlebih Kepala Pekon sebagai Kuasa Pengguna Anggaran yang dilarang menyimpan atau mengelola langsung keuangan milik Pekon, ujarnya.

Sementara menurut Kepala seksi Pengembangan Promosi dan Inovasi DPMP Kabupaten Pringsewu Suprayitno, BBA. Mengatakan bahwa salah satu sumber pendapatan Pekon adalah Alokasi Dana Pekon (ADP), berguna untuk membiayai program pemerintah Pekon dalam melaksanakan kegiatan dan pemberdayaan masyarakat, meningkatkan penyelenggaraan Pemerintah Pekon, katanya.

Sedangkan prinsip pengelolaan keuangan ADP merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pengelolaan keuangan Pekon dalam APBP Pekon, dengan melibatkan tim pengelola ADP di Pekon yakni tim pelaksana kegiatan yang mempunyai tugas menyusun perencanaan ADP dengan melibatkan BHP, LPM dan Lembaga Kemasyarakatan, menyusun jadwal rencana pencairan dana, melaksanakan kegiatan, serta menyusun laporan pertanggungjawaban hasil akhir kegiatan tersebut, katanya.

Prayit juga menjelaskan selain Alokasi Dana Pekon (ADP) masih ada sumber dana yang lain seperti Anggaran Dana Desa (ADD) yang berasal dari Pemerintah Pusat, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Pekon, bagi hasil pajak dan retribusi dari Badan Pendapatan Daerah ( Bapenda), ujarnya.

Kepala Pekon Pandansari Selatan Ngadiran mengatakan tujuan dilaksanakan pelatihan ini untuk memberikan pencerahan, menambah pengetahuan pada aparatur yang ada di Pandansari Selatan agar kedepan dapat melaksanakan pekerjaannya lebih baik lagi, ujar Ngadiran.

“Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan menggunakan dana yang bersumber dari Angaran Dana Desa (ADD) Tahun 2017 dan memang dari sebelu nya telah direncanakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) bidang Pemberdayaan,” pungkasnya.

(San)
Editor : Red.
,

Tinggalkan Komentar Anda