Program STBM Pekon Waringinsari Timur, Wujudkan Masyarakat Berperilaku Hidup Sehat

232
Program STBM Pekon Waringinsari Timur, Wujudkan Masyarakat Berperilaku Hidup Sehat
Kegiatan Pelatihan Program STBM di Pekon Waringinsari Timur Kecamatan Adiluwih, Senin (24/7/2017). Foto : Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu melalui program pelatihan pembinaan masyarakat tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) bagi warga masyarakat Pekon Waringinsari timur Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu, hadir pada acara tersebut, UPT Puskesmas Bandungbaru Sagiman, Kapospol Adiluwih Priyanto serta Kepala Seksi (Kasi) pembangunan Kecamatan Adiluwih Khozanah, pada Senin (24/7/2017).

Kepala Pekon Waringinsari Ali Mustofa mengatakan, bahwa program ini merupakan Program Pemkab Pringsewu yang diperuntukan bagi warga masyarakat guna dapat menjaga kebersihan dilingkungannya agar terbiasa dengan pola hidup sehat.

“STBM bukan sekedar program sanitasi tapi lebih pada bentuk realita yang harus diwujudkan dengan gerakan oleh para stakeholder bersama masyarakat, dengan menjadi pelopor gerakan STBM dimulai dari lingkungan kita,” katanya.

Juga ditambahkan oleh Kasi Pembangunan Kecamatan Adiluwih Khozanah, bahwa dengan dilakukan program pelatihan ini, agar warga masyarakat tidak ada lagi yang melakukan buang air besar sembarangan.

“Kegiatan ini bertujuan agar warga masyarakat sehat dengan jiwa gotong royong demi mendorong perilaku hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

Kemudian Kepala UPT Puskesmas Sagiman juga selaku pemateri memaparkan, bahwa ada lima pilar yang harus di perhatikan masyarakat yaitu: pertama, stop buang air besar sembarangan, kedua cuci tangan pakai sabun air yang mengalir, ketiga pengelolalaan air minum yang sehat, ke empat pengelolaan sampah rumah tangga, dan ke lima pengelolaan air limbah yang benar dan sehat.

“Dengan pemahaman masyarakat terhadap lima pilar tersebut diatas harapannya warga masyarakat Waringinsari Timur dapat menjadi masyarakat yang sadar akan pentingnya kesehatan dilingkungannya dan menumbuhkan generasi yang sehat juga,” pungkas Sagiman.

(S04)

Tinggalkan Komentar Anda