Provinsi Lampung Kembangkan Trayek Baru Transportasi Laut

720
Provinsi Lampung Kembangkan Trayek Baru Transportasi Laut
Illustrasi - KM. Sabuk Nusantara 56

Sebatin.com, Bandar Lampung – Setelah Bandara Internasional Radin Inten II yang rencananya akan di resmikan pada Maret 2017 oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, dan pembangunan Jalan Tol Bakauheni – Simpang Pematang yang rencanannya akan selesai pada tahun 2018, di lanjutkan dengan pembangunan Jalan Tol Laut dengan rute Panjang – Tanjung Perak dan Panjang – Tanjung Priuk. Gubernur Lampung Ridho Ficardo terus berusaha membuat terobosan-terobosan baru untuk kemajuan daerah dan masyarakat di Provinsi Lampung.

Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Minto Raharjo, di ruang kerjanya, Jumat (23/12/2016) menyebutkan, dengan menggunakan Kapal Perintis KM. Sabuk Nusantara 52/750 DWT, Gubernur Lampung Ridho Ficardo akan mengembangkan program jaringan transportasi laut dengan rute yaitu, Mesuji – Panjang – Linau – Enggano – Bengkulu , dan Panjang – Mesuji – Sadai / Toboali – Sunda Kelapa.

Di sebutkan juga, program tersebut telah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Perhubungan dengan di keluarkannya Surat Keputusan Dirjen Perhubungan Laut Nomor : AL.108/6/11/DJLP-16, Tentang Jaringan Trayek Angkutan Laut Perintis Tahun Anggaran 2017. Tanggal 8 Desember 2016.

Lanjutnya, Gubernur Lampung Ridho Ficardo berharap dengan jalur trayek baru transportasi laut tersebut akan mempermudah angkutan produksi pertanian/perkebunan dan industri di wilayah Kabupaten Mesuji, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat dan Way Kanan, sehingga dapat mempersingkat waktu angkut barang dengan biaya lebih murah.

“Pengoperasionalan kapal pada trayek akan dilakukan oleh Perusahaan Angkutan Laut Nasional dengan ukuran dan tipe yang disesuaikan dengan kondisi wilayah pelayaran, angkutan barang dan penumpang pada masing-masing trayek”, tutup Minto Raharjo.

(Rls Kominfo Provinsi Lampung)

Tinggalkan Komentar Anda