PSMTI Kota Metro Lestarikan Tradisi Tionghoa Dengan Menggelar Perayaan Kue Bulan (Ba Yue Ban) 2016

1171

Video Sebatin.com – Paguyuban Sosial Marga Tionghoa (PSMTI) Kota Metro menggelar acara Perayaan Kue Bulan atau Ba Yue Ban dengan tema Menikmati Bulan Menyaksikan Bintang, di Gedung Graha Sukha Kota Metro, Rabu malam 14 September 2016.

Acara ini merupakan sebuah tradisi budaya Tionghoa yang dirayakan pada setiap tanggal 15 bulan ke- 8 penanggalan Imlek, perayaan ini pertama kali digelar oleh Kaisar Qin bersama-sama rakyatnya pada tahun 221 SM, dengan menikmati indahnya cahaya bulan di langit sambil bergembira bernyanyi dan menyantap sajian makanan serta minuman.

Perayaan Kue Bulan kali ini merupakan kegiatan yang ke-2 kalinya dilaksanakan oleh PSMTI Kota Metro, dengan tujuan mempertahankan tradisi Tionghoa di Kota Metro sampai ke anak cucu mereka.

Disisi lain, Ba Yue Ban atau Perayaan Kue Bulan juga merupakan perayaan dari ungkapan rasa bersyukur atas berkah dan kekuatan yang di berikan pencipta untuk melewati masa-masa sulit, dan juga menjadi salah satu media untuk menggalang rasa kebersamaan dan persatuan di antara etnis Tionghoa dimanapun berada.

Bagi PSMTI Kota Metro sendiri, perayaan ini dijadikan sebagai malam penggalangan dana bagi kas sosial PSMTI Kota Metro, yang nantinya dana tersebut akan di gunakan untuk pelaksanaan kegiatan-kegiatan sosial yang sudah diprogramkan oleh PSMTI Kota Metro.

Acara yang telah dipersiapkan selama 1,5 bulan kebelakang oleh para pengurus PSMTI Kota Metro di bantu Komunitas Wanita Tionghoa Kota Metro ini berlangsung dengan meriah, di konsep dengan tata panggung dan dekorasi serta tata cahaya yang memukau, di lengkapi dengan multimedia dan giant screen dengan menampilkan hiburan berupa pementasan Barongsai, Wushu dan penari latar dari generasi muda Tionghoa Kota Metro, ditambah dengan penampilan artis Tionghoa dari ibu kota yaitu Deasy Huang dan Icun Lin di iringi dengan alunan musik dari Oriental Band Kota Metro.

Hadir dalam acara tersebut Wali Kota Metro Achmad Pairin beserta Wakilnya Djohan SE, di dampingi Staf Ahli Pemerintahan Rubiyo Puspa serta Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Bangkit Haryo Utomo, PSMTI Propinsi Lampung, PSMTI Kota Bandar Lampung, PSMTI Kabupaten Tanggamus, PSMTI Kabupaten Lampung Tengah, PSMTI Kabupaten Lampung Selatan, PSMTI Kabupaten Lampung Timur, serta ribuan tamu undangan yang berasal dari warga keturunan Tionghoa Kota Metro.

Hasil dari pengumpulan dana pada Perayaan Kue Bulan tahun 2016 ini, nantinya akan digunakan oleh PSMTI Kota Metro sebagai anggaran untuk pelaksanaan kegiatan sosial yang telah direncanakan dalam Rapat Kerja PSMTI Kota Metro 2016, diantaranya yaitu :

1. Pengobatan Gratis & Sunatan Massal pada bulan Desember 2016
2. Operasi Katarak untuk 30 mata
3. Bedah Rumah yang dilakukan bersama Pemda Kota Metro
4. Beasiswa Pendidikan Anak Tionghoa
5. Donor Darah Rutin yang dilakukan setiap 3 bulan sekali

Acara ini di tutup dengan kemeriahan yang semakin menjadi, pasalnya pihak panitia menyediakan banyak sekali hadiah door prize, mulai dari dari kipas angin, kompor gas, lemari es, tv led, serta sebuah kendaraan roda dua. (Ade Embun)

Tinggalkan Komentar Anda