Puluhan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Lampung Selatan Terendam Banjir

379
Puluhan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Lampung Selatan Terendam Banjir
Camat Kalianda, Erdiansyah beserta staff turun langsung meninjau lokasi banjir di wilayahnya

Sebatin.com, Kalianda – Puluhan rumah dan ratusan hektar (ha) area persawahan milik warga di Kabupaten Lampung Selatan, rusak terendam banjir. Hal ini terjadi akibat adanya curah hujan yang turun dengan lebat dan berlangsung hampir 1 (satu) hari penuh, yaitu sejak Senin (21/02/2017).

Tak hanya berdampak pada sektor pertanian saja, banjir tersebut juga menghasilkan berbagai macam jenis sampah yang menumpuk dan berserakan di jalan-jalan, sehingga membuat beberapa akses jalan menjadi sangat susah untuk dilalui.
Berdasarkan informasi yang di dapat dari Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Selatan, Joko Siswan, sedikitnya ada 78 rumah dan 320 hektara (ha) area persawahan rusak terendam banjir.

“Daerah rawan banjir yang berada di Lampung Selatan itu seperti di Kecamatan Natar, Tanjung Sari, Sragi, Candipuro dan Palas. BPBD setempat mencatat sebanyak 65 rumah di Kecamatan Tanjung Sari terendam banjir, 2 diantaranya nyaris hanyut. Sedangkan, sisanya 13 rumah serta 70 hektere sawah juga terendam banjir di Desa Banyumas, di desa lainnya yakni Sinar Pasma 250 hektare sawah juga ikut terendam. Banjir yang terjadi ini semuanya akibat adanya tanggul yang jebol”, ungkap Joko Siswan, Selasa (21/02/2017).

Lanjutnya, berdasarkan data yang berhasil di himpun pihaknya, dampak dari banjir kemungkinan masih akan terus bertambah mengingat masih banyak kecamatan rawan banjir yang belum terdata oleh BPBD, seperti Kecamatan Natar, Sragi dan Palas.

“Banjir kali ini yang paling parah, di Desa Sinar Pasma Candipuro ketinggian air mencapai 1, 5 meter”, ucapnya.

(Red)

Tinggalkan Komentar Anda