Pupuk Bakat dan Mental Anak, Siswa Siswi MIN 1 Metro Gelar Acara Pelepasan Murid Kelas VI

645
MIN 1 Metro Lepas 29 Murid Kelas VI
Kepala MIN 1 Metro Khoiri, S.Ag. bersalaman dengan salah satu siwa kelas VI, Rabu (24/05/2017). Foto: Hendra - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Metro melepas 29 murid kelas VI tahun pelajaran 2016/2017, Rabu (24/05/2017). Pelepasan siswa Kelas VI itu digelar secara sederhana, namun sangat berkesan. Pasalnya, dalam kegiatan tersebut semua diurus oleh siswa.

Dalam acara pelepasan tersebut, ditampilkan potensi siswa, keterampilan siswa dan bakat-bakat siswa yang bagus. Seperti, pembawa acara menggunakan tiga bahasa, yakni Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Bahasa Indonesia, Tahfiz Quran, dan masih banyak lagi.

MIN 1 Metro Lepas 29 Murid Kelas VI 2
Para siswa kelas VI unjuk kebolehan dengan bernyanyi bersama-sama. Rabu (24/05/2017). Foto: Hendra – Sebatin.com

Kepala MIN 1 Metro Khoiri S.Ag. mengatakan, rangkaian kegiatan dalam pelepasan semua dari siswa. Hal ini, untuk menunjukkam potensi siswa dan sekaligus melatih mental anak.

”Kalau yang bertugas dari guru kan sudah biasa. Tetapi kalau itu dari siswa, itu untuk melatih mental dan merangsang siswa yang lain supaya bisa lebih baik lagi. Inikan dari pembawa acara ya dari siswa, yang baca doa ya siswa, hingga ketua panitia pun juga siswa. Terlepas salah atau tidak, itu wajar namanya masih anak-anak. Tetapi yang paling penting ialah untuk melatih mental anak,” katanya.

Selain itu, pelepasan itu memang sengaja semua diurus siswa. Ini, untuk menunjukkan pada wali murid, bahwa di sekolahnya bukan hanya pelajaran agama saja yang baik. Tetapi, ekskulnya juga baik, pelajaran umum juga baik.

”Ini untuk menunjukkan kalau di MIN ini bukan hanya pelajaran agama saja yang baik. Tetapi di bidang ekskul, mata pelajaran umum pun kita juga oke,” terangnya.

Salah satu prestasinya, lanjutnya, MIN 1 Metro berhasil menjadi juara umum lomba Perkemahan Jelang Ramadhan (Pajero) yang digelar di Lapangan Samber beberapa waktu lalu.

Ia bepesan, 29 siswa lulusan sekolahnya, nantinya bisa menjadi anak berguna dan membawa nama baik sekolah. Ia juga berharap anak-anak tersebut bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi hingga mengenyam kuliah dan menunjukkan kemampuan pada masyarakat luas, bahwa lulusan MIN 1 ini memiliki kemampuan yang bagus, bukan hanya di bidang agama, tetapi ekskul dan juga pelajaran umum.

“Saya harap mereka bisa menunjukkan bahwa siswa Min 1 Metro ini memiliki poin plus, memiliki kepandaian, ahlak, dan ilmu agama yang mumpuni. Saya juga berharap mereka bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tapi kalau bisa yang sesuai jalur, seperti melanjutkan pendidikan SMP di MTS karena akan sesuai jalur. Tapi bukan berarti tidak boleh melanjutkan ke sekolah umum, hanya kan jika melanjutkan ke MTS, ilmu agama yang sudah terbentuk dari sini bisa dimatangkan lagi di sana. Terakhir saya berpesan jangan tinggalkan sholat. Karena tidak ada gunanya pintar kalau tidak sholat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Metro, Qomaru Zaman mengaku terkesan dengan apa yang ditampilkan oleh siswa MIN 1 Metro. Ini, karena dalam acara tersebut diurus oleh siswa.

“Luar biasa. Karena ketua panitia itu siswa, pembawa acara siswa juga. Karena anak-anak ini dilatih untuk berani tampil beda. Karena madrasah di bawah Kemenag benar-benar unggul semua hal. Sehingga tidak ada cerita tamatan MIN 1 tidak santun terhadap orang tua, guru, dan lainnya. Mudah-mudahan siswa tamatan MIN 1 ada yang jadi gubernur nanti,” ucapnya.

(Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda