PWI Pringsewu Adakan Diklat Jurnalistik Di SMAN 1 Sukoharjo

42
Sejumlah siswa SMAN 1 Sukoharjo tampak khidmat mengikuti diklat jurnalistik yang diakan oleh PWI Pringsewu, di Aula SMAN 1 Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, Sabtu (20/1/2018). Foto : Sanusi-sebatin.com

Sebatin.com, Pringsewu – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) perwakilan Kabupaten Pringsewu, memberi Pelatihan, Pendidikan, dan Diklat Jurnalistik kepada pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, di Aula SMAN 1 setempat, Sabtu (20/1/2018).

Kepala SMAN 1 Sukoharjo, Surasa kepada Sebatin.com menuturkan, diklat Jurnalistik merupakan program ekstrakurikuler yang rutin digelar tahunan. Tujuan utama dari kegiatan tersebut, adalah untuk mendukung program pemantapan pembuatan buletin yang dikelola oleh OSIS setempat, agar menjadi lebih bagus dan sempurna.

Untuk itu, Surasa berharap, kepada wartawan yang ada di Pringsewu dapat memberikan ilmunya dalam mengelola, mencari ataupun cara penyajian yang pantas untuk disajikan.

“Mohon anak-anak kami diberi ilmu tentang jurnalistik, supaya lebih mantap dan matang dalam mengelola buletin sekolah,”kata surasa.

Surasa juga menambahkan, dengan diadakannya diklat jurnalistik oleh PWI Pringsewu ini, ia juga berharap kedepan para peserta yang ikut, mempunyai kegemaran di dunia jurnalis. Oleh sebab itu, mereka dipersilakan untuk menjadi wartawan profesional, dan selalu mengedepankan kode etik jurnalistik, seperti yang diajarkan saat diklat. Surasa juga memuji bahwa seorang jurnalis merupakan profesi yang mulia.

“Silahkan menjadi wartawan, karena profesi wartawan cukup mulia,”imbuh Surasa.

Di lain pihak, Ketua PWI Pringsewu Budi Karyadi menjelaskan, lembaga pers yang ia pimpin itu merupakan wadah dari para wartawan dari media cetak, elektronik TV, hingga media online.

“Pengurus dan anggota PWI Pringsewu sejumlah 32 orang. Kesemuanya mempunyai media yang jelas,”ujarnya.

Selain berprofesi sebagai pemburu berita, kata Budi, wartawan dan juga lembaga PWI Pringsewu seringkali memberikan pendikan dan latihan tentang jurnalisme kepada para pelajar tingkat SMA sederajat di Kabupaten Pringsewu. Bahkan, PWI Pringsewu juga tak jarang mensosialisasikan kode etik wartawan untuk memberikan pemahaman bagaimana cara menghadapi wartawan yang sering meresahkan.

“Sudah puluhan kali kami menggelar sosialisasi itu kepada para Kepala Pekon dan Kepala Sekolah SD, SMP hingga SLTA,”jelasnya.

Para pemateri yang terdiri dari Nanang Suprianto (Sie Organisasi), Pemateri Tutor Manalu (Sie Hankam), Agus Purnomo (Sie Pendidikan), Joko Sulistiyo (Sekretaris PWI) menjadi pengisi materi dari tentang kode etik jurnalistik, hingga cara penyajian berita di media televisi serta media online.

Di ahir acara,  Ketua PWI Pringsewu Budi Karyadi di dampingi Sekretarisnya Joko Sulistiyo memberikan cindera mata berupa kalender PWI Pringsewu tahun 2018 kepada Kepala Sekolah SMAN 1 Sukoharjo. Pada acara tersebut, dihadiri oleh 60 siswa yang mewakili kelas X hingga kelas akhir XII.

Reporter : Sanusi
Editor     : Addarori Ibnu Wardi

Tinggalkan Komentar Anda