Ratusan Warga Kunjungi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Yosodadi Metro Timur

647
Ratusan Warga Kunjungi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Yosodadi Metro Timur
Tempat Pemakaman Umum (TPU) Yosodadi Metro Timur (Ilustrasi)

Sebatin.com – Menjelang bulan suci Ramadhan, ada salah satu tradisi yang dilakukan oleh sebagian besar umat Islam Indonesia, yaitu ziarah kubur atau biasa disebut dengan istilah “Nyekar”. Tradisi Nyekar umumnya dilakukan masyarakat pada satu hari sebelum bulan puasa tiba.

Pada hari itu, tempat pemakaman umum biasanya akan ramai dikunjungi oleh para peziarah. Mereka datang untuk mendoakan keluarga serta leluhur yang telah mendahului mereka. Selain itu, tradisi Nyekar juga banyak dimanfaatkan oleh umat Islam untuk membersihkan dan merawat makam keluarga.

Sama halnya dengan yang dilakukan oleh umat Islam Indonesia lainnya, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1437 H kali ini, sebagian warga kelurahan Yosodadi dan sekitarnya juga melakukan tradisi Nyekar yang berpusat di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Yosodadi, Metro Timur, Kota Metro (05/06/2016).

Diantara wangi kamboja, tak henti-hentinya lantunan doa terdengar lirih bersahutan. Sejak siang hari hingga menjelang maghrib, TPU Yosodadi yang biasanya sepi, tampak begitu ramai oleh ratusan warga yang hendak berziarah. Mereka umumnya datang bersama anggota keluarganya, namun ada juga sebagian warga yang berkunjung secara perseorangan.

“Ziarah kubur atau orang sini biasa bilang Nyekar, biasanya dilakukan untuk mendoakan keluarga yang sudah meninggal mas, tapi sebetulnya ziarah kubur ini punya makna yang lebih penting, maknanya itu untuk mengingatkan kita yang masih hidup kepada kematian mas,” ujar Arif, salah seorang peziarah yang datang bersama keluarganya.

Selain berziarah, warga Yosodadi dan sekitarnya juga berkesempatan untuk berinfaq dengan memasukkan sebagian hartanya di kotak amal yang telah disiapkan oleh pengelola TPU. (Ombung)

Tinggalkan Komentar Anda