Rembuk Tani Adalah Solusi Bagi Permasalahan Para Petani

463
Rembuk Tani Adalah Solusi Bagi Permasalahan Para Petani
Ketua DPW Perhiptani Wilayah Lampung saat memimpin rapat koordinasi Rembuk Tani dan persiapan Pekan Nasional KTNA 2017. Foto: Humas

Sebatin.com, Bandar Lampung – Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono selaku Ketua DPW Perhiptani wilayah Lampung memimpin rapat koordinasi DPW dan DPRD Perhiptani se-Provinsi Lampung dalam rangka Rembuk Tani dan persiapan Pekan Nasional KTNA 2017, di Balai Keratun Kantor Gubernur setempat, Jumat 17 Februari 2017.

“Giat rembuk tani merupakan wadah atau media untuk mencari solusi bagi permasalahan petani di Provinsi Lampung, inilah bentuk kesinergian Pemerintah Provinsi Lampung dengan Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) wilayah lampung,” Ujarnya.

Ditambahkan olehnya, bahwa rembuk tani ini bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi seluruh kelompok tani dan penyuluh tani di bawah naungan DPW Perhiptani Propinsi Lampung. Selain itu, untuk menguji kemampuan, pengetahuan dan keterampilan para petani dalam mewujudkan pertanian yang tangguh di segala bidang (pertanian, perikanan, perkebunan dan kehutanan). Untuk selanjutnya kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi jawaban dari permasalahan yang dihadapi oleh Petani.

“Perlu diinformasikan, bahwa pada pelaksanaan Penas KTNA 2017 di Banda Aceh, Perhiptani Lampung akan mengusung pemikiran dan sumbangsih untuk kemajuan petani dan pertanian nasional,” kata Sutono.

Kepala Biro Humas dan Protokol Bayana juga menginformasikan bahwa dalam pelaksanaan rembuk tani diisi dengan kegiatan-kegiatan yang melibatkan petani secara langsung dalam rangka silaturahmi dan diskusi antara pejabat terkait yang berwenang mengenai permasalahan / isu strategis yang dihadapi petani.

Lanjutnya, Kegiatan asah terampil yang melibatkan petani/nelayan/peternak perwakilan Kabupaten/Kota dan kegiatan Pasar Tani yang akan diisi dengan Pameran hasil produksi unggulan Daerah. Setiap kegiatan Rembuk Tani tahun 2017 juga akan didukung oleh Gudang Garam Lampung dalam bentuk dukungan non tunai senilai kurang lebih Rp. 100 juta.

Kabag Humas Heriyansyah memaparkan, bahwa pelaksanaan rembuk tani akan dilakukan di tiga wilayah regional yang meliputi wilayah Regional A terdiri dari Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus dan Kota Bandar Lampung akan dilaksanakan pada tanggal 11 Maret 2017 kemudian Wilayah regional B meliputi Kabupaten Lampung Timur, Tulang Bawang, Tuba Barat, Mesuji dan Kota Metro pelaksanaannya direncanakan pada tanggal 18 Maret 2017. Untuk wilayah regional C meliputi wilayah Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Barat dan Pesisir Barat pada tanggal 25 Maret. Sementara untuk tingkat Provinsi akan dilaksanakan pada tanggal 8 April 2017, paparnya. (Rls/Red)

Tinggalkan Komentar Anda