RSUD Martapura Studi Banding ke RSUD Ahmad Yani Metro

373
RSUD Martapura Studi Banding ke RSUD Ahmad Yani Metro
Study banding RSUD Martapura RSUD Ahmad Yani Metro, Rabu (19/04/2017). Foto: Hendra - Kurniawan

Sebatin.com, Kota Metro – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ahmad Yani melakukan study banding akreditasi versi 2012 dengan Rumas Sakit Daerah (RSUD) Martapura Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Sumatera Selatan.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, yakni dari Rabu (19/04/2017) sampai Kamis (20/4/2017) di RSUD A Yani.

Ketua Tim Akreditasi RSUD Ahmad Yani Metro Hartawan mengatakan, akreditasi merupakan standar yang harus dipenuhi seluruh rumah sakit di seluruh Indonesia. Dengan melakukan akreditasi, semua rumah sakit pelayanannya sama, yakni standarnya pada keselamatan pasien (patient safety).

“Jadi kalau dulu telusurnya itu hanya dokumen, kalau sekarang murni ke pelayanan pasien. Jadi semua yang kita periksa, semua yang kita nilai, semua yang kita bikin standar bermuara ke pasien,” katanya.

Untuk materi yang disampaikan, lanjut Hartawan, yakni tentang materi standar seperti bagaimana melakukan akreditasi yang baik, bagaimana cara penyusunan dokumen, dan membuat standar SOP nya.

“Ini kebetulan yang melakukan study banding Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Martapura, ya baru pengenalan masalah akreditasi, jadi materi-materi yang disampaikan ya materi-materi yang masih standar,” ungkapnya.

Ketua Tim Akreditasi RSUD Martapura OKI Timur drg. Lilia Pinisia menuturkan, dipilihnya RSUD Ahmad Yani Metro karena rumah sakit tersebut telah lulus paripurna tanpa remidi. Selain itu, jarak antara Martapura dengan Kota Metro tidak terlalu jauh. Oleh sebab itu, kelanjutan komunikasi dan kelanjutan belajar RSUD Martapura dari RSUD Ahmad Yani akan lebih mudah.

“Kalau study banding ini ya supaya kami (RSUD Martapura, red) juga bisa akreditasi. Karena seluruh rumah sakit di Indonesia inikan wajib akreditasi,” pungkasnya.

(Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda