Rusunawa Iringmulyo Sudah Terhuni 60 persen

419
Rusunawa Iringmulyo Sudah Terhuni 60 persen
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Edwin Soni ketika diwawancara Sebatin.com diruang kerjanya, Rabu (26/4/2017). Foto: Hendra - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Iringmulyo Metro Timur yang diperuntukkan bagi warga berpenghasilan rendah hingga saat ini sudah terisi sebanyak 60 persen.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Edwin Soni mengatakan, sejauh ini untuk masyarakat Kota Metro khususnya yang berpenghasilan rendah cukup antusias untuk tinggal di Rusunawa Iringmulyo Metro Timur. Itupun, Pemerintah Kota (Pemkot) menerapkan syarat yang cukup ketat.

“Sudah bagus karena sudah 60 persen terisi. Kalau kita terapkan aturan yang longgar mungkin sudah penuh. Selama inikan aturan yang kita tetapkan cukup ketat yaitu harus sudah berkeluarga, KTP Metro, dan berpenghasilan,” katanya.

Dijelaskannya, jika masyarakat Kota Metro yang belum berkeluarga menempati rusunawa dikhawatirkan akan berbuat yang tidak-tidak. Karenanya, diterapkan salah satu aturannya yaitu harus sudah berkeluarga.

“Ya itu yang kita jaga. Nanti mereka malah aneh-aneh,” jelasnya.

Untuk harga sewanya sendiri, terus Edwin, tergantung dari lantai berapa yang ditinggali. Pasalnya, semakin tinggi lantai yang ditempati maka harga sewanya akan semakin murah.

“Makin tinggi makin murah. Yah kisaran Rp. 125 ribu hingga Rp. 225 ribu biaya sewanya dalam satu bulan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Rusunawa Iringmulyo sendiri, memiliki 196 kamar. Dengan luas setiap kamar 24 meter persegi.

“Ada lobinya, ruang tamu, ada kamar, ada dapur. Kamarnya 24 meter persegi luasnya. Fasilitas sudah memadai. Jadi mereka tinggal bawa koper dan perabotan saja,” tambahnya.

(Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda