Sambut Rombongan Gowes Pesona Nusantara 2017, Bupati Chusnunia Chalim Ambil Air dan Tanah Dari Taman Purbakala Pugung Raharjo

715
Sambut Rombongan Gowes Pesona Nusantara 2017, Bupati Chusnunia Chalim Ambil Air dan Tanah Dari Taman Purbakala Pugung Raharjo 01
Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim, saat mengambil tanah dari lokasi Wisata Taman Purbakal Pugung Raharjo, Lampung Timur. Foto : Sebatin.com

Sebatin.com, Lampung Timur – Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim didampingi Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, melakukan prosesi pengambilan air dan tanah di Taman Purbakala Punggung Raharjo Sekampung Udik. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan bertemakan “Gowes Pesona Nusantara 2017”, yang akan menyambangi Kabupaten Lampung Timur pada hari Minggu 30 Juli 2017, Sekampung Udik, Rabu (26/07/2017).

Gowes Pesona Nusantara sendiri merupakan sebuah kegiatan even nasional yang terdiri dari 90 etape dengan mengambil rute melewati berbagai destinasi wisata, seni dan budaya unggulan dari setiap kota yang disinggahi.

Secara pelaksanaan, even Gowes Pesona Nusantara 2017 telah dimulai di empat titik, antaralain Sabang (Aceh), Merauke (Papua), Atambua (Nusa Tenggara Timur) sejak 13 Mei 2017 dan Tarakan (Kalimantan Timur) sejak 14 Mei 2017.

Even Gowes Pesona Nusantara 2017 yang dimulai dari titik 0 (nol) kilometer di Kota Sabang, Banda Aceh akan berakhir didestinasi wisata Candi Borobudur yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah Dan Kabupaten Lampung Timur merupakan satu-satunya kabupaten di Provinsi Lampung yang juga akan dilalui.

Sambut Rombongan Gowes Pesona Nusantara 2017, Bupati Chusnunia Chalim Ambil Air dan Tanah Dari Taman Purbakala Pugung Raharjo 02
Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim saat mengambil air dari lokasi wisata Taman Purbakala Pugung Raharjo Lampung Timur. Foto : Sebatin.com

Menurut Kabag Humas Sekretariat Kabupaten Lampung Timur, Mujianto, air dan tanah yang di ambil dari lokasi wisata Taman Purbakala Pugung Raharjo tersebut nantinyaakan diserahkan dan dibawa oleh Tim Atlet Gowes Pesona Nusantara 2017, pada saat kunjungannya di Kabupaten Lampung Timur.

“Air dan tanah dari taman purbakala ini akan dibawa oleh tim Gowes Pesona Nusantara, sebagai simbol atas kunjungannya di Kabupaten Lampung Timur”, terang Mujianto.

Nantinya air dan tanah yang diambil dari lokasi destinasi wisata Taman Purbakala Pugung Raharjo Lampung Timur tersebut akan disatukan dengan air dan tanah dari berbagai daerah yang juga dibawa oleh Tim Atlet Gowes Pesona Nusantara lainnya, pada saat puncak acara Peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) di Candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah pada 09 September 2017 mendatang.

Sementara itu, Pengelola Taman Purbakala Pugung Raharjo, Saiful Mukmini, sangat berharap kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Timur untuk lebih serius lagi dalam memperhatikan dan mengembangkan destinasi-destinasi wisata yang ada di Lampung Timur, salah satunya Taman Purbakala Pugung Raharjo. Dan kepada masyarakat setempat, Saiful Mukmini juga berharap untuk bersama-sama menjaga dan saling melindungi serta melestarikan peninggalan bersejarah Taman Purbakala Pugung Raharjo agar tetap lestari dan indah serta menjauhkan tangan-tangan jahil yang berniat merusak situs tersebut.

(S05)

Tinggalkan Komentar Anda