Sambut Tri Suci Waisak 2016 Vihara Buddha Dharma Dipa Iringmulyo Kota Metro Gelar Donor Darah

1482
Sambut Tri Suci Waisak 2016 Vihara Buddha Dharma Dipa Iringmulyo Kota Metro Gelar Donor Darah
Bakti Sosial Donor Darah Di Halaman Vihara Buddha Dharma Dipa Iringmulyo Kota Metro, Dalam rangka Menyambut Tri Suci Waisak 2016. (Embun)

Sebatin.com – Puluhan muda-mudi umat Buddhis Kota Metro, Minggu (15/5/2016) menggelar aksi bhakti sosial berupa donor darah di halaman Vihara Buddha Dharma Dipa Iringmulyo, Metro Timur. Kegiatan sosial ini, digelar dalam rangka menyambut hari raya Tri Suci Waisak 1560 BE yang jatuh pada tanggal 22 Mei 2016 mendatang.

Aksi donor darah ini, mendapat sambutan hangat dari masyarakat sekitar. Banyak warga sekitar Vihara yang bukan beragama Buddha pun ikut serta menyumbangkan darahnya. Acara itu juga didukung oleh PMI Kota Metro dengan menurunkan tenaga medis, peralatan donor, dan fasilitas Mobil Unit Donor Darah.

Hari Raya Tri Suci Waisak sendiri merupakan hari raya terbesar umat Buddha, dimana pada saat ini umat Budha memperingati tiga peristiwa penting, yakni kelahiran Sidharta, pencapaian penerangan sempurna oleh petapa Gautama, dan Parinibanna-Nya Sang Buddha.

Sejak saat itu pula umat Buddha kembali diingatkan pada semangat yang terkandung dalam tiga peristiwa Suci Waisak yaitu semangat akan kehadiran nilai-nilai kemanusiaan yang universal, adalah jati diri setiap manusia yaitu membantu meringankan penderitaan dan memberikan kebahagiaan kepada sesama makhluk hidup dan selalu mewujudkan kesadaran melalui usaha menyelamatkan umat manusia.

Anton, Ketua Panitia bakti sosial donor darah mengatakan, bahwa tujuan dari diadakannya acara ini tak lain adalah untuk membantu mereka yang sangat membutuhkan sumbangan darah, karena cara ini adalah salah satu bentuk nyata dalam usaha menyelamatkan umat manusia, serta menjalin kebersamaan antara umat beragama. (Embun)

Tinggalkan Komentar Anda