Sambut UHC 2019, BPJS Kesehatan Metro Perkuat Sinergi dengan Kemenag Tubabar

12
Sambut-UHC-2019,-BPJS-Kesehatan-Metro-Perkuat-Sinergi-dengan-Kemenag-Tubaba
Penyerahan berkas Mou antara BPJS Kesehatan Cabang Metro dan Kemenag Kabupaten Tubabar, tentang penyelenggaraan program JKN bagi para calon jamaah haji, jamaah umroh dan petugas haji yang ada di lingkungan Kemenag setempat. dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Tubabar, Jumat (06/07/2018).

Sebatin.com. Tubaba – Dalam rangka optimalisasi program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Metro terus berupaya menjalin komunikasi dan menjaga hubungan kemitraan dengan seluruh pemangku kepentingan. Hal tersebut tak lain dilakukan agar pelaksanaan program JKN-KIS akan lebih terarah dan komprehensif dengan dukungan serta partisipasi dari instansi-instansi terkait.

Hal tersebut, sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2018, tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional Republik Indonesia, pemangku kepentingan di berbagai wilayah semakin banyak yang berkomitmen untuk mewujudkan perlindungan jaminan kesehatan. Salah satu bentuk komitmen yang telah terjalin yaitu, dengan ditandatanganinya perjanjian kerjasama antara pihak BPJS Kesehatan Cabang Metro dengan Kementerian Agama (Kemenag), Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubabar), tentang penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional bagi calon jamaah haji, jamaah umroh dan petugas haji yang ada di lingkungan Kemenag Kabupaten Tubabar, yang dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Tubabar, Jumat (06/07/2018).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Metro, Wahyu Santoso, menjelaskan, pendandatanganan PKS tersebut, merupakan komitmen bersama untuk mewujudkan Universal Health Coverage pada 1 Januari 2019. ”Dan implementasi dari perjanjian kerja sama itu adalah meningkatnya kesadaran bagi calon jamaah haji dan umroh, maupun petugas haji akan pentingnya memiliki Jaminan Kesehatan”, ujarnya.

“BPJS Kesehatan akan segera melakukan tindak lanjut dan bersinergi dengan Kementerian Agama, untuk mewujudkan program Jaminan Kesehatan Nasional, dengan cara bersama-sama memberikan sosialisasi kepada tenaga calon jamaah haji, jamaah umroh dan tentunya petugas haji di lingkungan Kementerian Agama, Kabupaten Tulang Bawang Barat. Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan dapat memberikan perlindungan jaminan kesehatan dan meningkatkan jumlah peserta JKN-KIS”, kata Wahyu Santoso.

Ditempat yang sama, Kepala Kemenag Kabupaten Tubabar, Sedarno, menyampaikan, kepada masyarakat setempat, yang masuk dalam kuota haji tahun 2018, diharapkan dapat melakukan pemeriksaan awal secara lengkap, guna pentingnya mengetahui kondisi kesehatan masing-masing calon jamaah haji.“Apabila ada calon jamaah haji Tulang Bawang Barat, dalam pemeriksaan awal itu diketahui mengidap penyakit, terutama penyakit yang cukup berat, akan langsung diarahkan untuk melakukan pengobatan secara intensif, sehingga menjelang pemberangkatan ketanah suci nanti diharapkan sudah sembuh”, ujar Sedarno.

(Adv)

Tinggalkan Komentar Anda