Sampah Menjelma Jadi Gaun Mewah!

317
Sampah Menjelma Jadi Gaun Mewah!
Beberapa pakaian mewah yang terbuat dari limbah sampah karya Nancy Judd. Foto: recyclerunway.com

Sebatin.com – Tak semua orang mau dan bisa berpikir out of the box. Selama ini, cara berpikir out of the box hanyalah bagaikan slogan keren namun tak diimplementasikan ke dunia nyata.

Bumi, planet ini memang sudah benar-benar tua. Pun sama halnya dengan out of the box, slogan-slogan semacam ayo reboisasi, jangan bakar sampah, kurangi penggunaan plastik, dan lain sebagainya juga sepertinya hanyalah omong kosong belaka.

Namun, berbeda dengan wanita paruh baya bernama Nancy Judd. Wanita ini benar-benar berpikir yang out of the box, memperdulikan dan memikirkan keberlangsungan kehidupan manusia di planet ini.

Berbagai limbah atau sampah bisa disulapnya menjadi gaun-gaun mewah nan mahal. Tepat sekali, ia memilih mengubah limbah-limbah tersebut menjadi produk fashion. Sebab, semakin hari fashion semakin berkembang dan terus diminati oleh banyak orang di seluruh dunia.

Sampah Menjelma Jadi Gaun Mewah! 2
Nancy Judd. Foto: recyclerunway.com

Nancy Judd adalah seorang desainer eco-fashion dan pendidik lingkungan. Baginya, sampah ataupun limbah itu tidak ada. Yang ada hanyalah bahan-bahan yang tak didayagunakan.

Nancy membuat gaun-gaun mewahnya tersebut hanya dengan mesin jahit biasa dan kreativitas tanpa batas. Jiwa seninya memang benar-benar tinggi.

Nancy telah dan terus membuat gaun-gaun cantik. Ia bahkan telah memberi brand untuk produknya, ialah Recycle Runway.

Limbah-limbah yang biasa digunakannya adalah seperti kantong plastik, buku telepon, paku payung, kaleng soda, bahkan surat-surat tu. Semuanya bekas, minim daya guna, dan minim nilai ekonomi.

“Bagi saya, ini adalah soal bagaimana menemukan cara lain untuk membuat orang-orang merasa terlibat dan mau membicarakan apa yang sedang terjadi terhadap planet kita. saya pikir, fashion merupakan cara yang sangat efektif untuk melakukannya,” tutur Nancy kepada The Huffington Post.

(Source: Merdeka) (Al Hadeed)

Tinggalkan Komentar Anda