Sebelum Terlambat, Kenali Faktor Penyebab Asam Urat Sekarang Juga!

423
Sebelum Terlambat, Kenali Faktor Penyebab Asam Urat Sekarang Juga!
(Ilustrasi)

Sebatin.com – Kenali faktor penyebab asam urat sekarang juga, supaya Anda bisa mengurangi ataupun menghindari penyakit yang sering menyerang persendian ini.

Asam urat merupakan sebuah penyakit yang kerap menyerang persendian tubuh, umumnya terjadi pada sendi jari tangan, jari kaki, lutut, dan juga pergelangan kaki. Pada bagian tubuh yang terserang asam urat, biasanya akan terasa sangat nyeri, panas, dan terkadang bisa mengalami pembengkakan.

Asam urat sendiri biasanya dialami oleh orang dewasa berumur di atas 30 tahun. Apabila sedang kumat, rasa nyeri berlangsung cukup lama, bisa 3 hingga 10 hari bahkan dapat mengganggu saat berjalan. Lalu apa penyebab asam urat itu sendiri? mari simak beberapa ulasan berikut;

1. Faktor Jenis Kelamin

Menurut penelitian, laki-laki lebih beresiko mengidap asam urat daripada perempuan. Hal ini dikarenakan kadar asam urat meningkat selama masa puber. Sedangkan perempuan memiliki hormone estrogen yang mampu membuang kadar asam urat melalui ginjal.

2. Faktor Keturunan

Jika memiliki ayah atau kakek yang mengidap asam urat, maka resiko mengidap asam urat pun jadi lebih tinggi.

3. Faktor Makanan

Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang manis akan meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, hindarilah makan makanan yang mengandung zat purin, seperti seafood, kacang-kacangan, dan jeroan hewan, karena makanan-makanan tersebut merupakan faktor penyebab asam urat Anda sering kambuh.

4. Alkohol dan Minuman Bersoda

Terlalu sering menenggak kedua jenis minuman ini, maka akan memicu meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh, selain itu alkohol juga sangat berbahaya karena dapat menyerang jantung.

5. Mandi Malam

Melakukan aktivitas mandi di malam hari memang sangat tidak baik, dari zaman dahulu pun para orang tua sudah melarangnya. Mandi malam dapat meningkatkan kadar asam urat dan juga dapat menyebabkan reumatik pada tubuh.

Itulah 5 faktor penyebab asam urat, untuk 2 faktor paling atas mungkin tidak dapat dihindari lagi. Namunnya untuk 3 faktor lainnya, Anda dapat menghindarinya. Oleh karena itu, sebelum terlambat, terapkanlah pola hidup sehat untuk mengurangi resiko penyakit-penyakit di masa yang akan datang. (Willi)

Tinggalkan Komentar Anda