Sebuah Alasan Mengapa Kita Harus Mandi

250
Sebuah Alasan Mengapa Kita Harus Mandi
(Ilustrasi)

Sebatin.com – Manusiawi sekali, sifat malas hampir dimiliki oleh setiap orang. Tak terkecuali orang pintar sekalipun. Terkadang, bahkan hanya sekadar untuk mematikan televisi saat hendak tidur, pergi ke warung untuk membeli sesuatu, atau memasak makanan untuk dimakan sendiri pun kita malas.

“Malas ditambah kreatif hasilnya karya yang luar biasa!” demikian kata orang bijak.

Betul sekali. Seperti misalnya kita malas untuk mematikan televisi dan dibumbui kreativitas, lahirlah remote control yang bisa mengendalikan televisi dari jarak jauh. Demikian juga dengan sepeda atau motor yang awalnya karena kita malas untuk terus-terusan berjalan kaki. Bahkan mungkin lahirnya makanan-makanan fast food pun penyebabnya adalah hal yang demikian.

Namun, tak dapat dipungkiri bila perilaku malas pada akhirnya hanya akan menimbulkan masalah bagi kita di kemudian hari.

Ternyata ada sekitar 1.000 jenis bakteri, termasuk 40 jenis jamur yang terdapat di tubuh manusia dan selalu mengancam kesehatan kulit kita. Apa jadinya bila kita tidak mandi? Terlebih lagi bila berhari-hari.

Faktanya, bakteri yang menjadi salah satu penyebab dari bau badan bisa juga menjalar ke mata, hidung, dan mulut. Tentunya, hal ini bisa menyebabkan terjadinya banyak penyakit di tubuh kita. Dikutip dari Laman Goodhousekeeping, saat tubuh tidak mandi selama dua hari aka nada 30 jenis bau badan yang dikeluarkan oleh tubuh.

Pakar-pakar dermatologis menyarankan untuk selalu menjaga kebersihan ketiak, pangkal paha, dan wajah. Sebab di daerah-daerah tersebut sangat menarik bagi bakteri.

“Mandi bukan hanya mengusir kotoran pada tubuh. Dengan mandi kelembaban tubuh akan terjaga serta mencegah iritasi dan peningkatan risiko kerusakan kulit yang diakibatkan oleh keringat,” ungkap Holly L Phillips, M.D., a women’s health physician.

(Al Hadeed)

Tinggalkan Komentar Anda