Sekda Kota Metro Buka Kegiatan Perkemahan Saka Bakti Husada Ke III di Metro Selatan

643
Sekda Kota Metro Buka Kegiatan Perkemahan Saka Bakti Husada Ke III di Metro Selatan 01
Sekda Kota Metro Ishak, mewakili Wali Kota Metro Ahmad pairin dalam upacara Pembukaan Perkemahan Saka Bakti Husada Ke III, di halaman Kantor kecamatan Metro Selatan, Jumat (9/12/2016). Foto : Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Metro Ishak mewakili Wali Kota Metro Ahmad Pairin menghadiri pembukaan kegiatan Perkemahan Satuan Karya Pramuka Bakti Husada (SBH) Kota Metro Ke III di halaman Kantor Kecamatan Metro Selatan, Jumat (09/12/2016).

Acara di awali dengan pelaksanaan upacara, yang di ikuti oleh seluruh peserta dari Pramuka Kwartir Ranting (Kwaran) se-Kota Metro yang mewakili 11 Kontingen Puskesmas se-Kota Metro dan 1 Kontingen dari Prodi Kebidanan, diantaranya yaitu :

  • Pramuka Kwaran Kecamatan Metro Utara mewakili Kontingen dari Puskesmas Karangrejo, Puskesmas Purwosari dan Puskesmas Banjarsari.
  • Pramuka Kwaran Kecamatan Metro Pusat mewakili Kontingen dari Puskesmas Yosomulyo, Puskesmas Metro dan Prodi Kebidanan.
  • Pramuka Kwaran Kecamatan Metro Barat mewakili Kontingen dari Puskesmas Mulyojati dan Puskesmas Ganjaragung.
  • Pramuka Kwaran Kecamatan Metro Timur mewakili Kontingen dari Puskesmas Yosodadi, Puskesmas Iringmulyo dan Puskesmas Tejoagung.
  • Pramuka Kwaran Kecamatan Metro Selatan mewakili Kontingen dari Puskesmas Bantul
Sekda Kota Metro Buka Kegiatan Perkemahan Saka Bakti Husada Ke III di Metro Selatan 02
Pramuka Kwaran se-Kota Metro saat mengikuti Upacara Pembukaan Perkemahan Satuan Karya Pramuka Bakti Husada (SBH) Kota Metro Ke III di halaman Kantor Kecamatan Metro Selatan, Jumat (09/12/2016).

Dalam sambutannya mewakili Wali Kota Metro, Ishak sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan perkemahan yang diselenggarakan Dinas Kesehatan tersebut. Dirinya juga berharap, agar para peserta perkemahan ini dapat menjadi duta dari Dinas Kesehatan Kota Metro untuk menyampaikan kepada masyarakat setempat tentang kiat-kiat dalam menjaga kesehatan termasuk bagaimana cara pencegahan penyebaran wabah penyakit Demam Berdarah (DBD).

“Jadi adik-adik pramuka ini nanti diharapkan dapat menyampaikan kepada masyarakat sekitar tentang bagaimana pola hidup bersih dan sehat serta bagaimana menjaga lingkungan”, katanya.

Lanjutnya kepada para peserta, dengan kegiatan ini juga diharapkan dapat membentuk karakter yang mandiri dan menambah wawasan serta ilmu tentang bagaimana cara untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan.

Sekda Kota Metro Buka Kegiatan Perkemahan Saka Bakti Husada Ke III di Metro Selatan 03
Sekda Kota Metro memotong pita pengibaran Bendera Bendera Satuan Karya Pramuka Bakti Husada sebagai tanda di buka nya kegiatan Perkemahan di Kecamatan Metro selatan, Jumat (9/12/2016). Foto : Sebatin.com
Sekda Kota Metro Buka Kegiatan Perkemahan Saka Bakti Husada Ke III di Metro Selatan 04
Sekda kota Metro memberikan peralatan praktek di masyarakat kepada perwakilan Pramuka Kwaran, di halaman Kantor Kecamatan Metro Selatan, jumat (9/12/2016). Foto : Sebatin.com

Usai upacara, secara resmi kegiatan tersebut dibuka dengan pemotongan pita pengibar Bendera Satuan Karya Pramuka Bakti Husada oleh Sekda Kota Metro, dan secara simbolis dilanjutkan dengan pemberian kartu tanda peserta kegiatan dan beberapa peralatan sebagai alat bantu untuk kerja nyata di lingkungan setempat.

Sekda Kota Metro Buka Kegiatan Perkemahan Saka Bakti Husada Ke III di Metro Selatan 05
Sekda Kota Metro beserta rombongan dari Dinas Kesehatan kota Metro mengunjungi beberapa lokasi Perkemahan Saka Bakti Husada di Kelurahan Margodadi Kecamatan metro selatan, Jumat (9/12/2016). Foto : Sebatin.com

Sebagai penutup, Sekda Kota Metro beserta rombongan mengunjungi dan mengecek beberapa lokasi perkemahan yang berada di areal perumahan masyarakat Kelurahan Margodadi, Kecamatan Metro Selatan.

Sekda Kota Metro Buka Kegiatan Perkemahan Saka Bakti Husada Ke III di Metro Selatan 06
Kadis Kesehatan Kota Metro Maryati (kanan) bersama beberapa staff nya saat pembukaan kegiatan Perkemahan Satuan Karya Pramuka Bakti Husada (SBH) Kota Metro Ke III di halaman Kantor Kecamatan Metro Selatan, Jumat (09/12/2016). Foto : Sebatin.com

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Maryati, usai acara menuturkan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya dari Dinas Kesehatan Kota Metro yang ingin bermitra dengan berbagai organisasi kemasyarakatan, salah satunya Pramuka, guna mensosialisasikan tentang bagaimana cara penanggulangan dan pencegahan penyakit.

“Ini sebagai salah satu bentuk kemitraan dari Dinas Kesehatan kota Metro untuk mensosialisasikan dan menyebarkan kepada masyarakat, bahwa sehat secara mandiri itu penting,” tuturnya.

Kegiatan Perkemahan SBH ini sendiri, tambah Maryati, akan berlangsung selama 3 hari. Dan diikuti oleh kader SBH binaan dari Puskesmas se-Kota Metro.

“Ditambah dari Poltekkes Kemenkes RI Prodi Kebidanan jadi jumlah pesertanya total 230 orang. Nanti ada juga lomba-lomba seperti lomba penyuluhan, pentas seni. Juga pembinaan rumah sehat dan lingkungan pemukiman peserta kemah bakti,” tambahnya.

(Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda