Sekda Kota Metro Buka Orientasi dan Pengukuhan Pengurus Satuan Karya Pramuka (Saka Pariwisata)

287
Sekda Kota Metro Buka Orientasi dan Pengukuhan Pengurus Satuan Karya Pramuka (Saka Pariwisata)
Sekda Kota Metro saat membuka kegiatan Orientasi dan Pengukuhan Pengurus Satuan Karya Pramuka (Saka Pariwisata) Kota Metro periode 2016-2020. Foto: Hendra - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro, Lampung – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Metro, Ishak membuka kegiatan Orientasi dan Pengukuhan Pengurus Satuan Karya Pramuka (Saka Pariwisata) Kota Metro periode 2016-2020 yang berlangsung di Gedung Pramuka Kota Metro, Selasa (08/11/2016).

Dalam arahannya, Ishak berharap kegiatan tersebut dapat menumbuhkan tunas bangsa untuk menjadi generasi muda yang berkepribadian, berkarakter, dan berbudi pekerti yang luhur, cerdas, dan memiliki keterampilan yang tinggi, serta dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan dapat membekali diri dengan ilmu pengetahuan dan iman yang kuat.

”Saya harap para peserta orientasi tidak hanya mensosialisasikan di lingkungan sekolahnya masing-masing. Namun dapat menginformasikannya kembali kepada masyarakat sekitar, kaitannya dalam hal objek wisata yang ada di Kota Metro,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Ishak juga mengimbau, bahwa dalam menginformasikan wisata yang ada di Kota Metro, jangan hanya kepada masyarakat atau siswa yang ada di lingkungan Kota Metro saja, akan tetapi perlu diinformasikan juga kepada masyarakat dari daerah lain, provinsi, bahkan di tingkat nasional.

”Jangan untuk masyarakat Kota Metro kita menginformasikan potensi wisata kita, karena mereka pasti sudah faham bagaimana kondisi di Kota Metro. Kalau masyarakat dari luar daerah kan mereka belum tentu tahu apa potensi wisata yang kita punya,” paparnya.

Menurutnya, Kota Metro masih banyak objek wisata yang dapat dikembangkan dan dipromosikan, salah satunya yaitu wisata Dam Raman.

”Termasuk juga taman terminal 16 C karena ke depan kemungkinan akan dimanfaatkan untuk wisata santap malam,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tata Kota Dan Pariwisata Kota Metro, Purwanto, menjelaskan kegiatan tersebut untuk membentuk saka pariwisata yang bertujuan untuk memberi wadah pendidikan dan pembinaan bagi para pramuka penegak dan pramuka pendega untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan.

”Dan juga pengalaman dalam bidang pengetahuan dan teknologi serta keterampilan bidang pariwisata yang dapat menjadi bekal bagi kehidupan dan penghidupannya untuk mengabdi pada masyarakat, bangsa dan negara,” jelasnya.

Sasaran dari orientasi yang akan diberikan tersebut, diharapkan dapat memiliki pengetahuan, keterampilan dan pengalaman tentang pemanduan pariwisata, penyuluhan pariwisata dan kuliner, mampu dan dapat memanfaatkan segala pengetahuan, keterampilan, pengalaman dan kecakapannya untuk ikut berperanserta secara aktif dalam pembangunan khususnya di bidang kepariwisataan.

”Juga dapat ikut bertanggungjawab terhadap kelestarian lingkungan hidup yang menyangkut kepariwisataan. Waktu pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari pada tanggal 8 s/d 9 November 2016 bertempat di Gedung Pramuka Kota Metro. Kegiatan ini diikuti 40 perserta dari Muli Mekhanai Kota Metro, mahasiswa, dan pelajar, ” tutupnya.

(Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda