Sekda Lampung Timur Kecewa Serapan APBD 2017 Tak Sesuai Target

100
Sekda Lampung Timur, Syahrudin Petera melakukan evaluasi penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2017 di Aula Sekretariat Daerah, Rabu (22/11). Foto : Rajo Nimbang - sebatin.com

Sebatin.com, Lampung Timur – Untuk mencapai rencana target sekaligus meningkatkan akselerasi pembangunan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Timur melakukan evaluasi penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2017 di Aula Sekretariat Daerah, Rabu (22/11).

Dalam acara yang dihadiri oleh para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur tersebut, terungkap bahwa penyerapan anggaran sampai dengan Oktober 2017 baru mencapai 51,35% atau sekitar 1.11 triliyun dari pagu total 2,16 triliyun.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Petera menekankan, serapan anggaran yang hanya mencapai 51,35% itu harus menjadi catatan kinerja yang perlu diperbaiki.

“Ini seakan menjadi kontraproduktif, di satu sisi kita berlomba-lomba mencari anggaran ke pusat, tapi dalam kenyataannya anggaran yang ada belum terserap,” Ujar Syahrudin.

Oleh sebab itu, dirinya menghimbau agar semua APBD Kabupaten Lampung Timur terserap dengan baik. Tidak terserapnya angagran tersebut juga akan berdampak pada Cash Flow (Arus Kas) keuangan daerah. Dirinya-pun menargetakan terhadap pencapaian Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bisa mencapai angka 100 persen.

“Mau tidak mau kita harus mencapai target 100 persen, karena bagi saya ini prinsip. Ini kehormatan kita dan kewibawaan kita di daerah tempat kita berkerja,” tekannya kepada para camat se Kabupaten Lampung Timur yang hadir.

Hal senada dilontarkan oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapeda) Kabupaten Lampung Timur, Mustakim yang juga hadir pada acara itu menyatakan, target penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) minimal pada akhir tahun bisa mencapai sebesar 34,7 milyar. Sebab, hari ini pencapaian penerimaan PAD tersebut sudah mencapai 32,4 milyar.

Mantan Kadis DPPKAD tersebut juga meminta kepada para pemangku kepentingan sumber PAD, khususnya para camat untuk dapat lebih mendorong upaya merealisasikan pencapaian target pendapatan yang bersuber dari PBB di wilayah kerjanya masing-masing.

Pada acara tersebut hadir beberapa tokoh birokrasi Kabupaten Lampung Timur, antara lain, Sekda Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera, Inspektur Kabupaten Lampung Timur, Nurdin Sifrizal yang menjadi pemimpin acara, serta Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Junaidi.

(Zie)
Editor : Addarori Ibnu Wardi

Tinggalkan Komentar Anda