Sidang Gugatan Suryaandalas.com Berlangsung Alot

327
ilustrasi gugatan sengketa informasi
ilustrasi. sumber Foto : Net

Sebatin.com, Bandar Lampung – Media online Suryaandalas.com menggugat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang(PUPR) Lampung (sebelumnya Dinas Bina Marga) soal keterbukaan informasi.

Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Lampung Dery Hendryan mengatakan, dalam sidang tersebut ada beberapa tahapan sengketa informasi yang akan dilalui saat sidang yaitu tahap pemeriksaan awal yang meliputi legalitas dari termohon dan pemohon.

Itu, melihat dari 4 hal sebagai syarat formil. Yang pertama, kata dia melihat kewenangan KI dari kewenangan absolut dan relatif, legalstanding pemohon apakah memenuhi unsur, legalstanding pemohon apakah termasuk badan publik sesuai UU, dan melihat batas waktu proses permohonan informasi sampai sengketa informasi.

Setelah sidang tahap pemeriksaan awal selesai, kemudian dilanjutkan sidang kedua dengan agenda pemeriksaan lanjutan. Sidang lanjutan ini, melihat dari sisi apakah unsur sengketa terpenuhi. Kemudian, dilanjutkan dengan proses mediasi dan jika tidak terpenuhi syarat formil akan dilakukan proses sela.

“Apakah itu informasi publik (badan publik) atau tidak,” ucapnya, Jum’at (20/01/2017).

Mantan Ketua KPU Pesawaran ini melanjutkan, jika pemohon mengajukan gugatan pada pemohon tidak termasuk dikategori sela, dalam kesempatan lain pemohon bisa melakukan sengketa kembali dengan mengajukan gugatan informasi lain.

Ia menuturkan, setelah proses pemeriksaan lanjutan ada 2 opsi. Pertama, tahap mediasi selama 14 hari pertama dan 7 hari kerja untuk mempertemukan kedua belah pihak. Kemudian jika tahap mediasi gagal akan dilanjutkan ke pokok sengketa dengan mendengarkan saksi, alat bukti, dan keterangan ahli kedua belah pihak. “Jika diperlukan,”tuturnya.

Setelah itu, tahap kesimpulan yang sifatnya tidak wajib, hanya alat bantu, setelah kesimpulan dilanjutkan keputusan.

“Kalo belum puas dengan keputusan bisa menggugat ke PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negeri) Bandarlampung,” ungkapnya.

Untuk waktunya 14 hari setelah putusan diterima, pemohon informasi bisa mengajukan banding ke PTUN.

(Arb)

Tinggalkan Komentar Anda