SMAN 1 Trimurjo Jadikan Organisasi Sebagai Wadah Pengembangan Karakter Siswa

203
Kepsek SMAN 1 Trimurjo, Didik Nuryadi, S.Pd01
Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Trimurjo, Didik Nuryadi, S.Pd. diruang kerjanya. Photo: Pur Sebatin.com

Sebatin.com, Lampung Tengah – Melalui organisasi di sekolah dapat belajar dan mempelajari berbagai karakter yang ada dalam diri kita maupun orang lain, begitu pula dengan ketrampilan semakin ditempa dan semakin teruji.

Kepsek SMAN 1 Trimurjo Didik Nuryadi, S.Pd. mengatakan bahwa melalui organisasi di sekolah dapat belajar dan mempelajari berbagai karakter yang ada dalam diri kita maupun orang lain, prestasi akademik seorang organisator, tentunya bukan karena organisasinya namun lebih cenderung ke faktor pribadi seperti rasa malas atau manajement organisasi atau personalnya yang perlu diperbaiki. Sejauh mana peran serta lembaga pendidikan dalam mengembangkan karakter peserta didiknya melalui organisasi. Karakter peserta didik dalam sebuah organisasi pendidikan, tentunya diperlukan keterlibatan lembaga pendidikan itu sendiri,” kata Didik Nuryadi kepada Sebatin.com, Jumat (16-09-2017).

Semakin berkembangnya sebuah organisasi di sebuah lembaga pendidikan khususnya di SMAN 1 Trimurjo, maka semakin baik pula peran lembaga pendidikannya, dalam organisasi tentunya akan lebih berani berbicara di depan umum tanpa ada keraguan lagi, karena mereka sudah terbiasa berbicara di tengah-tengah keramaian (teman-teman organisasi mereka). Keberanian, kepercayaan diri, empaty, mudah bergaul, mudah beradaptasi dan keterbukaan membuat para organisator semakin mampu menjadi diri mereka sendiri yang berkarakter, katanya.

SMAN-1-Trimurjo-Jadikan-Organisasi-Sebagai-Wadah-Pengembangan-Karakter-Siswa0
Saat dewan guru dan siswa setelah latihan Pramuka, Photo : Pur Sebatin.com

Perkembangan SMAN 1 Trimurjo tersebut, tentunya sesuai dengan tujuan dari dunia pendidikan yang telah diatur dalam undang-undang pendidikan, tinggal bagaimana lembaga pendidikan mengambil langkah bijaksana, dalam mengembangkan dan mengolah organisasi sekolah atau perguruan tinggi supaya seimbang dengan bidang akademiknya, sehingga tunas-tunas bangsa ke depan semakin handal dan berkepribadian yang tangguh.

Lanjutnya, organisasi adalah wadah yang tepat untuk mengembangkan setiap anak didiknya menjadi berkepribadian mandiri,maksudnya pribadi yang mengetahui kelemahan maupun kelebihan dirinya, dan tidak menjadi pribadi orang lain, namun mau belajar dari orang lain. Sehingga, kepribadian seperti ini akan terus berkembang, karena mempunyai keterbukaan dan mau bekerja sama dengan orang yang berbeda karakter, ujarnya.

(Pur)
Editor : Holik

Tinggalkan Komentar Anda