SMK Karya Wiyata Punggur Pencetak Ahli Bidang Teknik Komputer dan Jaringan

362
SMK Karya Wiyata Punggur Pencetak Ahli Bidang Teknik Komputer dan Jaringan 01
Siswa -Siswi SMK Karya Wiyata ,di Jalan Raya Totokaton, Punggur Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) saat melaksanakan upaca bendera. Foto : Pur Sebatin.com

Sebatin.com, Lampung Tengah – Semakin ketatnya persaingan dunia kerja di zaman yang semakin moderen ini, menjadi landasan bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Karya Wiyata yang berlokasi di Jalan Raya Totokaton, Punggur Kabupaten Lampung Tengah, untuk membekali peserta didiknya dengan kemampuan dan keahlian yang siap di terapkan ketika lepas dari bangku pendidikan, salah satunya yaitu dengan membekali para peserta didik dengan keahlian di bidang Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

Kepala SMK Karya Wiyata Punggur Kabupaten Lamteng, Widiyanto menjelaskan, bidang TKJ adalah program keahlian yang bertujuan membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten dalam merakit, menginstall program, merawat dan memperbaiki komputer serta jaringannya.

“Siswa-siswi SMK Karya Wiyata di bidang TKJ meskipun belum tamat mampu bekerja sebagai teknisi komputer dan administrator jaringan di toko/servis komputer dan kantor. Di sekolah ini mereka mempelajari seluk – beluk dunia komputer dan jaringan komputer, mulai dari cara instalasi OS (Operation Sistem), menangani masalah pada PC, memperbaiki PC, membuat jaringan LAN atau yang lainnya, membuat Web, dan masih banyak lagi”, jelas Widiyanto kepada Sebatin.com, Kamis 14 September 2017.

SMK Karya Wiyata Punggur Pencetak Ahli Bidang Teknik Komputer dan Jaringan 02
(nomor 2 dari kiri) Kepala SMK Karya Wiyata Punggur, Widiyanto beserta dewan guru foto bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provisi Lampung Drs.Sulpakar, MM beberapa waktu lalu. Foto : Pur Sebatin.com

Lanjutnya, sejak terbitnya kebijakan pemerintah, bahwa sekolah kejuruan dan dulu SMEA, STM, SMK, dan lain-lain, berubah nama menjadi SMK, menimbulkan konsekuensi bahwa setiap SMK memiliki kewenangan yang sama untuk membuka jurusan (bidang keahlian) atau prodi (program keahlian) baru atau lebih populer dengan istilah re-engineering. Program keahlian yang sudah tidak banyak dibutuhkan oleh dunia usaha atau industri secara perlahan akan ditutup dan kemudian dibuka program keahlian baru sesuai kebutuhan dunia kerja.

“Setiap SMK dapat membuka program yang dulunya hanya ada di sekolah kejuruan lain. Sebagai contoh SMK lainnya boleh membuka jurusan (bid. keahlian) teknik seperti TKJ, Multimedia, Elektro, dan lain-lain. Sebaliknya SMK eks STM boleh membuka Tata Boga, Tata Busana ataupun Kecantikan. Dan di SMK Karya Wiyata, program keahliannya diantaranya bidang Teknik Komputer Jaringan bahkan bagian mesin mobil. Dan yang pasti, keahlian dan kemampuan siswa TKJ SMK diakui kemampuannya oleh kalangan dunia kerja”, terangnya.

Ditambahkannya juga, bahwa SMK Karya Wiyata Punggur akan selalu berupaya untuk selalu melengkapi, baik secara infrastruktur baik itu gedung, alat-alat praktek serta ditunjang dengan tenaga pendidik yang disiplin dan berkompeten dibidangnya guna mewujudkan visinya, yakni terwujudnya Insan yang beriman, mandiri, kreatif dan inovatif dan misi menciptakan lulusan yang terampil di bidang komputer dan jaringan serta menciptakan tenaga wirausaha yang tangguh”, tutupnya.

(Pur)
Editor : Embun

Tinggalkan Komentar Anda