SMP N 1 Gunung Sugih Gelar Simulasi Ujian Nasional Berbasis Teknologi Komputer Online (UNBK)

47
SMP-N-1-Gunung-Sugih-Gelar-Simulasi-UNBK-01
Dewan Guru melaksanakan pengawasan dan pembimbingan kepada siswa-siswi SMP Negeri 1 Gunung Sugih pada pelaksanaan Simulasi UNBK, Rabu (14/02/2018). Foto : Rizki

Sebatin.com, Gunung Sugih – Mempersiapkan diri guna menghadapi pelaksanaan Ujian Nasional yang akan jatuh pada bulan April 2018, dan dilaksanakan dengan menggunakan teknologi komputer online, siswa-siswi kelas XI Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Gunung Sugih, dengan antusias mengikuti kegiatan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), yang pelaksanaannya dilaksanakan selama dua hari, yaitu tanggal 14 sampai dengan 15 Februari, di sekolah setempat, Rabu (14/02/2018).

Wakil Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Gunung Sugih, Hamza menjelaskan, bahwa pelaksanaan tersebut dilaksanakan, salah satunya guna mensikapi terkait adanya program pemerintah yang mewajibkan bagi sekolah dengan status Terakreditasi A, agar menerapkan pelaksanaan UN dengan berbasis teknologi komputer online.

“SMP Negeri 1 Gunung Sugih-kan sudah Terakreditasi A, jadi sudah harus dan layak menerapkan UNBK, dan kegiatan ini juga guna melatih siswa-siswi supaya lebih terbiasa lagi dalam mengoprasikan komputer pada pelaksanaan Ujian Nasional, biar nggak tegang lagi besok-besok”, ujarnya.

“Saat ini SMP Negeri 1 Gunung Sugih memiliki 50 unit komputer, namun jumlah tersebut masih belum mencukupi, masih kurang 25 unit lagi. Dan cara mengatasi kekurangan itu pihak sekolah berupaya dengan meminjam dari sekolah lainnya, guna mencukupi kebutuhan pelaksanaan simulasi ini”, terang Hamza.

Sebelumnya, lanjut Hamza, pihak sekolah jauh –jauh hari telah melakukan sosialisasi kepada para siswa, terkait akan diterapkannya sistem UNBK pada tahun 2018, di SMP Negeri 1 Gunung Sugih.

“Kami sudah himbau kan kepada para siswa dari semester sebelumnya, bahwa mulai tahun 2018 SMP N 1 Gunung Sugih, Ujian Nasionalnya tidak akan lagi memakai alat berupa kertas dan pensil, melainkan menggunakan teknologi komputer online, ini supaya mereka bisa lebih siap lagi”, jelas Hamza.

SMP-N-1-Gunung-Sugih-Gelar-Simulasi-UNBK-02
Siswa-siswi SMP Negeri 1 Gunung Sugih, serius mengikuti Simulasi UNBK, Rabu (14/02/1018). Foto : Rizki

Terkait permasalahan keterbatasan unit komputer, Hamza menambahkan, bahwa pihak sekolah sedang berupaya, dengan melakukan pengajuan proposal ke kementerian, guna mendapatkan tambahan bantuan unit komputer, guna menunjang kelancaran pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 1 Gunung Sugih.

“Kami mendapat info, untuk sekolah-sekolah yang mandiri, dapat mengajukan proposal ke kementrian, oleh sebab itu, saya dan pihak sekolah langsung mengejar info tersebut, harapannya ke depan, sekolah ini mendapat bantuan komputer itu , tetapi mungkin bantuan itu bukan di tahun 2018 ini turunnya, mungkin tahun 2019”, jelas Hamza.

Selain SMA Negeri 1 Gunung Sugih, pada tahun 2018, dalam Sub Rayon Kecamatan Gunung Sugih, SMP Negeri 1 Bumi Ratu Nuban dan salah satu SMP Swasta di Kecamatan Wates, juga ditunjuk dan mendapat kepercayaan dari pusat untuk melaksanakan UN dengan menerapkan teknologi komputer online.

(Adv / Rizki)
Editor : Ade Embun

Tinggalkan Komentar Anda