SMPN 1 Kibang Semakin Tingkatkan Kualitas Pelayanan Pendidikan

232
SMPN 1 Kibang Semakin Tingkatkan Kualitas Pelayanan Pendidikan01
Jajaran pendidik di SMP Negeri 1 Kibang Kabupaten Lampung Timur. Foto : Pur Sebatin.com

Sebatin.com, Lampung Timur – Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kibang Kabupaten Lampung Timur (Lamtim), Sri Suhartini, Spd. M.M. mengatakan keberhasilan suatu jasa pelayanan dalam mencapai tujuannya sangat tergantung pada konsumennya, dalam arti sekolah memberikan layanan yang bermutu akan sukses dalam mencapai tujuan. Dan mutu pelayanan telah menjadi perhatian utama dalam dunia pendidikan, khususnya di SMPN 1 Kibang

Menurutnya, mutu pelayanan dapat dijadikan sebagai salah satu strategi, untuk menciptakan kepuasan para wali murid di sekolah. Suatu pendidikan bermutu tergantung pada tujuan, dan akan dilakukan dalam pendidikan. Definisi pendidikan bermutu harus mengakui, bahwa pendidikan apapun termasuk dalam suatu sistem. Kemudian, mutu dalam beberapa bagian dari sistem mungkin baik, tetapi mutu kurang baik yang ada di bagian lain dari sistem, yang menyebabkan berkurangnya mutu pendidikan secara keseluruhan dari pendidikan,” kata Sri Suhartini Senin (18/9/2017).

Lanjut Sri Suhartini, mutu merupakan kekuatan penting yang dapat membuahkan keberhasilan baik di dalam organisasi dan pertumbuhan lembaga, hal ini juga bisa diterapkan di dalam penyelenggaraan pelayanan mutu pendidikan. Selanjutnya, jika mutu dikaitkan dalam penyelenggaraan pendidikan maka dapat berpedoman pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang menyatakan bahwa penjaminan mutu adalah wajib baik internal maupun eksternal.

SMPN 1 Kibang Semakin Tingkatkan Kualitas Pelayanan Pendidikan  02
Para dewan guru di SMP Negeri 1 Kibang Kabupaten Lampung Timur . Fot o : Sebatin.com

“Apabila, jasa pelayanan di sekolah yang diterima sesuai dengan yang diharapkan maka mutu pelayanan yang dipersepsikan baik dan memuaskan. Jika pelayanan jasa yang diterima melampaui harapan, maka mutu pelayanan dipersepsikan sebagai mutu yang ideal. Sebaliknya jika pelayanan yang diterima lebih rendah daripada yang diharapkan, maka mutu pelayanan dipersepsikan buruk. Oleh sebab itu, baik tidaknya kualitas jasa sekolah tergantung pada kemampuan dewan guru dalam memenuhi harapan atau kepentingan SMPN 1 Kibang secara konsisten,” ujarnya.

Masih di katakan Sri Suhartini, khususnya SMPN 1 Kibang menciptakan generasi yang berakhlak, berkarater, berpestasi, menguasai iptek, dan peduli lingkuangan. Menurutnya, SMPN 1 Kibang terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, menumbuhkembangkan pendidikan karakter, melaksanakan pembelajaran yang kompetitif, kreatif, dan inovatif di bidang akademik dan non akademik berbasis IT serta meningkatkan kepedulian warga sekolah terhadap lingkungan.

Salah satunya untuk meningkatkan pelayanan pendidikan, yakni membantu anak didik terutama mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu. Banyak anak yang berprestasi namun tak memiliki biaya, maka program itu sangat bermanfaat. Sesuai misi visi SMPN 1 Kibang, yaitu meningkatkan proses pendidikan secara optimal, meningkatkan disiplin belajar secara mendiri, membina minat dan bakat secara optimal, meningkatkan pemanfaatan sarana dan prasarana yang ada secara optimal,” kata Sri Suhartini.

(Pur)
Editor : Embun

Tinggalkan Komentar Anda