SMPN 8 Kota Metro Berhasil Sabet Kemenangan Pada Lomba Sekolah Sehat (LSS) 2017 Tingkat Provinsi Lampung

202
SMPN 8 Kota Metro Berhasil Sabet Kemenangan Pada Lomba Sekolah Sehat (LSS) 2017 Tingkat Provinsi Lampung 01
Kepala SMPN 8 Kota Metro, Slamet (tengah atas), berfoto bersama beberapa dewan guru dan perwakilan siswa berprestasi. Foto : Pur

Sebatin.com, Metro – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 8 Kota Metro. Kali ini, sekolah yang terletak di Kelurahan Karangrejo No.23 A, Kecamatan Metro Utara ini berhasil meraih Juara II, dalam ajang Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tahun 2017 tingkat Provinsi Lampung.

Kepala SMPN 8 Metro, Slamet mengatakan, ikut serta dalam ajang perlombaan UKS tersebut sangatlah penting bagai para anak didik, karena dapat meningkatkan kedisiplinan dan kepekaa anak didik dalam ikut serta menjaga lingkungan hidup yang ada disekitarnya.

“Dengan ikut serta dalam lomba UKS ini harapan kami yaitu agar anak-anak bisa berpartisipasi dalam lingkungan kesehatan dan kebersihan sekolah dan bisa membantu teman-temannya pada saat di sekolah. Jadi lomba UKS itu sangat penting, hal yang sangat penting dipersiapkan dalam lomba UKS ini salah satunya adalah masalah lingkungan”, terang Slamet kepada Sebatin.com di ruang kerjanya, Senin (25/9/2017).

SMPN 8 Kota Metro Berhasil Sabet Kemenangan Pada Lomba Sekolah Sehat (LSS) 2017 Tingkat Provinsi Lampung 02
Kepala SMPN 8 Kota Metro, Slamet. Foto : Pur sebatin

Lanjutnya, sekolah sehat merupakan suatu kondisi ideal yang akan menjadi dambaan bagi semua lembaga pendidikan, karena sekolah sehat mengandung indikator yang sangat mendukung guna tercapainya tujuan pendidikan yang bermutu.

“Jadi lingkungan di sekolah itu sangat perlu untuk diperhatikan kesehatannya, beberapa diantaranya yaitu masalah pengelolaan sampah dan tentang kesehatan makanan yang ada di kantin sekolah dan sekitarnya”, terangnya.

Ditambahkannya, bahwa tidak mudah untuk mendapat peringkat kedua, butuh kerja keras dan tekad yang kuat, serta persiapan yang benar-benar harus matang, kerjasama serta peranan guru dan para anak didik menjadi suatu hal yang sangat penting, sehingga kerja keras para guru dan anak didik di SMPN 8 Metro dapat terbayarkan dengan keberhasilannya dalam menyabet peringkat kedua yang sebelumnya hanya mendapatkan peringkat ketiga pada penyelenggaraan di tahun 2016 lalu.

Menurutnya, tidak hanya dalam rangka persiapan mengikuti lomba saja, namun disiplin dan kepekaan untuk saling menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di SMPN 8 Metro, sudah menjadi suatu hal yang biasa dalam kesehariannnya.

“Kalau rasa disiplin dan kepekaan untuk saling menjaga lingkungan tersebut sudah menjadi sebuah kebiasaan, sehingga terbangun rasa tanggungjawab pada diri masing-masing pendidik dan siswa didik, pasti lingkungan sekolah kita akan terlihat bersih dan asri, sehingga akan menciptakan rasa nyaman dalam proses belajar mengajar”, ujarnya.

Slamet juga menerangkan, bahwa usaha untuk membina dan mengembangkan kebiasaan dan perilaku sehat pada para peserta didik di SMPN 8 Kota Metro dilakukan secara menyeluruh (komprehensif) dan terpadu (integratif) melalui program-program pendidikan dan penyuluhan kesehatan. Dan UKS adalah bagian dari usaha kesehatan pokok yang sesuai beban tugas puskesmas yang ditujukan kepada sekolah-sekolah, dengan tujuan mengarahkan para siswa didik untuk berperilaku hidup bersih dan sehat di sekolah”, tutupnya.

(Pur)
Editor : Embun

Tinggalkan Komentar Anda