Solusi Jualan di Internet Tanpa Memiliki Toko Online Sendiri

646
Solusi Jualan di Internet Tanpa Memiliki Toko Online Sendiri
Solusi Jualan di Internet Tanpa Memiliki Toko Online Sendiri. Ilustrasi

Sebatin.com – Bagi Anda yang ingin berjualan di internet tapi belum memiliki toko online, tidak perlu khawatir, sebab saat ini ada banyak solusi yang bisa Anda pilih. Apa solusinya? Silakan baca informasi berikut ini.

Bagi sebagian orang, memiliki toko online sendiri memang bukan perkara gampang. Ada banyak kendala yang mungkin saja Anda alami, seperti tidak bisa membuat website, belum punya budget yang cukup, tidak tahu tentang jasa pembuatan toko online, dan lain sebagainya.

Meskipun banyak kendala, bukan berarti tidak ada solusinya, Anda tetap bisa menggelar dagangan di dunia maya, yaitu dengan memanfaatkan beberapa fasilitas gratis yang banyak tersebar di internet.

Inilah Solusi Jualan di Internet Tanpa Harus Punya Toko Online Sendiri

Beberapa solusi di bawah ini bisa Anda pilih sesuai keinginan Anda.

1. Manfaatkan Media Sosial (Medsos)

Solusi pertama adalah dengan memanfaatkan Media Sosial. Selain Anda gunakan untuk update status ataupun mengunggah foto-foto selfie, media sosial seperti facebook, twitter, instagram, google+, dan lain sebagainya, bisa Anda manfaatkan untuk berjualan online.

Sebagai contoh, Anda bisa menggelar dagangan di facebook. Caranya cukup mudah, yaitu silakan Anda siapkan foto dan deskripsi produknya terlebih dahulu, lalu dengan foto dan deskripsi produk tersebut buatlah status promosi di akun facebook pribadi, facebook fanpage, dan juga facebook group. Benar-benar sangat mudah sekali.

2. Manfaatkan Forum Jual Beli (FJB)

Solusi ke-dua adalah dengan memanfaatkan forum jual beli. Ada banyak forum di internet yang bisa Anda manfaatkan untuk berjualan online, salah satu contohnya adalah Kaskus (www.kaskus.co.id.).

Mengenai tata caranya hampir mirip dengan di media sosial, yakni setelah foto dan deskripsi produk Anda siapkan, kemudian Anda tinggal membuat Thread jualan pada kategori Jual Beli di forum tersebut.

3. Manfaatkan Marketplace

Solusi ke-tiga adalah dengan memanfaatkan marketplace, seperti tokopedia.com, bukalapak.com, olx.co.id, dan banyak lagi. Anda cukup melakukan pendaftaran di marketplace tersebut, setelah itu silakan Anda upload gambar produk dan keterangannya.

Namun perlu Anda ketahui, bahwa ketika terjadi penjualan, maka konsumen akan mentransfer uangnya ke rekening marketplace dan Anda diminta untuk mengirimkan produk yang dipesan terlebih dahulu. Setelah produk tersebut sampai di tangan konsumen, barulah pihak marketplace akan segera mentransfer uang konsumen yang menjadi hak Anda.

Walaupun sedikit merepotkan, akan tetapi cara ini cukup ampuh dalam menumbuhkan kepercayaan konsumen. Sebab, dengan system seperti ini bisa mencegah pedagang online yang nakal melakukan penipuan, sehingga dengan begitu konsumen akan merasa lebih aman.

Demikianlah informasi mengenai Solusi Jualan di Internet Tanpa Memiliki Toko Online Sendiri, semoga apa yang Sebatin.com sampaikan kali ini, bisa membawa manfaat positif bagi Anda. (ifan)

Tinggalkan Komentar Anda