Sulitnya Mendapatkan Sinyal dan Pulsa di Belahan Timur Indonesia

451
Sulitnya Mendapatkan Sinyal dan Pulsa di Belahan Timur Indonesia
Ilustrasi Perkembangan Teknologi Komunikasi

Sebatin.com – Perkembangan teknologi informasi yang terjadi saat ini telah kian pesat, seperti koneksi internet yang mulai bermigrasi ke jaringan 4G LTE pada beberapa provider, smartphone dengan kualitas yang sangat mumpuni, dan beragam kecanggihan teknologi yang sudah masuk ke Indonesia. Namun, kemajuan teknologi ini tidak sepenuhnya dirasakan oleh masyarakat, khususnya masyarakat Papua yang berada di belahan timur Indonesia.

Dewasa ini, kita bahkan sudah bisa berkomunikasi secara visual, seperti Video Call. Namun apa yang saat ini terjadi di Papua jauh dari perkembangan teknologi saat ini. Jangankan untuk bisa Video Call, untuk mengirimkan pesan singkat atau menelpon saja, mereka harus berjalan beratus-ratus meter untuk melakukannya.

Hal ini dirasakan langsung oleh Yordan, warga desa Sosiri, distrik Waibu, Jayapura, Papua.

Seperti yang dikutip pada laman KompasTekno, Yordan mengatakan, “Kalau mau menelpon harus naik gunung, saya harus berjalan sekitar 300 meter untuk menelpon kerabat saya. Sudah sinyal sulit, untuk membeli pulsa pun butuh perjuangan, saya harus pergi ke perbatasan kota yang berjarak belasan kilometer dari tempat tinggal saya.”

Begitulah sekiranya keadaan yang sedang terjadi pada saudara kita di belahan timur sana dalam bidang teknologi. Namun apa yang terjadi saat ini pada kita yang berada di Pulau Jawa dan Sumatra terbilang miris, pasalnya ada beberapa oknum yang memanfaatkan teknologi ini hanya untuk tindakan kriminal.

Untuk itu mari kita manfaatkan semua kecanggihan teknologi yang ada saat ini, untuk menjadikan kita pribadi yang berwawasan luas secara teknologi, juga bermanfaat bagi orang-orang di sekitar. (Willi)

Tinggalkan Komentar Anda