Sumur Bandung Metro, Sumur Legendaris yang Tak Pernah Kering Airnya

1258
Sumur Bandung Metro, Sumur Legendaris yang Tak Pernah Kering Airnya
Sumur Bandung yang terletak di belakang Gedung Wanita Kota Metro. Foto: Hendra - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Sumur Bandung yang terletak di belakang Gedung Wanita Kota Metro ternyata memiliki keunikan tersendiri. Pasalnya, meskipun di pagi dan sore hari banyak warga sekitar yang mengambil air di sumur tersebut, namun sumur yang hanya memiliki kedalaman sekitar 6 hingga 7 meter ini tak pernah kering airnya.

“Tidak pernah kering airnya. Paling hanya surut 1 atau 2 meter airnya kalau di musim kemarau. Meskipun banyak warga yang mengambil air disini dengan volume yang cukup banyak, ya airnya tetap segitu,” jelas Rosman penunggu Sumur Bandung.

Sayangnya, ia tidak mengetahui kapan tepatnya sumur tersebut dibuat. Yang pasti, kata dia, pembuatan Sumur Bandung diperkirakan tahun 1935 sampai 1942 atau di masa Indonesia masih dijajah Belanda.

“Yang jelas masih di masa penjajahan Belanda. Saya yang umurnya 81 dan asli orang sini saja tidak tahu kapan sumur ini dibuat. Orang-orang tua di sini juga sudah pada meninggal, jadi nggak ada lagi yang bisa ditanya,” ungkapnya.

Sumur Bandung merupakan salah satu dari dua sumur legendaris yang ada di Bumi Sai Wawai. Sumur yang satunya, terletak di Komplek Pertokoan Sumur Bandung yang mungkin sudah ditutup lantaran berada di pemukiman warga. (Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda