Tahukah Anda? Inilah 5 Jenis Makanan Penurun Kolesterol Jahat

301
Tahukah Anda? Inilah 5 Jenis Makanan Penurun Kolesterol Jahat
(Ilustrasi)

Sebatin.com – Ingin tahu makanan apa saja yang dapat menurunkan kadar kolesterol? Inilah 5 jenis makanan penurun kolesterol jahat yang perlu Anda ketahui.

Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang paling dihindari oleh setiap orang, tidak hanya menyerang kaum yang menua, namun anak muda pun bisa saja terserang apabila tidak bisa menjaga pola hidup yang sehat.

Untuk diketahui, kolesterol terbagi 2 jenis, yaitu high density lipoprotein (HDL), jenis yang mencegah kolesterol jahat untuk mengedap dan  low density lipoprotein (LDP)  yang merupakan kolesterol jahat yang harus dihindari. Kandungan kolesterol total yang diperbolehkan dalam tubuh adalah <200 mg/dl, jika Anda memiliki nilai diatas 200 mg/dl maka Anda perlu waspada.

Tingginya tingkat kolesterol akan memicu serangan jantung atau stroke bahkan kematian mendadak, sehingga bagi Anda yang sudah terlanjur memiliki kadar kolestro tinggi, maka sebaiknya lebih menjaga pola hidup dan pola makan.

5 Jenis Makanan Penurun Kolesterol Jahat

Berikut akan kami paparkan 5 jenis makanan penurun kolesterol jahat untuk Anda, silakan disimak.

1. Beras Merah

Mungkin bagi sebagian masyarakat Indonesia akan asing mengganti beras putih dengan beras merah sebagai makan pokok, namun beras merah sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Beras merah sendiri mengandung beberapa zat yang sangat baik, seperti Vitamin B, selenium, magnesium, dan fitonutrien. Hal ini akan menurukan lemak jahat pada tubuh.

2. Bayam

Selain sangat baik untuk mata, bayam yang mengandung zat lutein sangat bermanfaat yang akan melindungi jantung dari lemak jahat yang ada di pembuluh darah. Mengkonsumsi bayam dengan cara disayur ataupun di jus, sama baiknya untuk menurunkan kolesterol.

3. Kedelai

Banyak sekali makanan yang mengandung kedelai, salah satunya tahu dan tempe. Kedelai sendiri mengandung isoflavin yang akan menekan LDP atau lemak jahat pada tubuh, sehingga akan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Buah Apel

Selain rasanya yang lezat, ternyata apel memiliki kandungan yang bisa menurunkan kolesterol. Serat-serat pada apel  membantu mencegah arteri mengeras dan bisa mencegah dari penyakit jantung dan stroke.

5. Gandum

Salah satu penelitian menyebutkan, bahwa kadar kolesterol bisa ditekan turun dengan mengkonsumsi beta-glucan. Zat beta-glucan bisa ditemukan dalam serat-serat yang terdapat pada gandum. Untuk menemukan gandum tidak lah sulit, sudah banyak makanan sereal yang mengandung gandum yang bisa dikonsumsi guna menekan angka kolesterol dalam tubuh.

Selain kelima makanan penurun kolesterol jahat di atas, masih banyak makanan yang dapat dikonsumsi untuk menurukan kadar kolesterol, seperti alpukat, buncis, kacang-kacangan, bawang putih, dan ikan salmon. Dengan mengkonsumsi makanan-makanan seperti di atas, semoga bisa menekan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Oya! Jangan lupa berolahraga rutin untuk mencegah penyakit-penyakit lain yang bisa saja menyerang tubuh Anda. (Willi)

Tinggalkan Komentar Anda