Tahun Baru 2018, Lampung Tengah Disambut Dengan Pengobatan Gratis Tanpa BPJS

103
Bupati Lampung Tengah, Dr. Ir. Mustafa saat meninjau dan menemui pasien di Puskesmas Bandarjaya beberapa waktu yang lalu. Sumber : Red

Sebatin.com, Lampung Tengah – Dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah membuat gebrakan “Jemput sakit, pulang sehat”. Tujuannya, Pemkab hendak menggratiskan pengobatan di Puskesmas maupun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat pada tahun 2018 mendatang.

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Lampung Tengah langsung, Dr. Ir. Mustafa saat meninjau Puskesmas Bandarjaya belum lama ini. Mulai 2018, masyarakat yang memiliki BPJS atau tidak, semuanya bisa menikmati pelayanan kesehatan di seluruh Puskesmas maupun RSUD Kelas C, yakni RS Demang Sepulau Raya.

“Ini adalah salah satu upaya kami meningkatkan pelayanan kesehatan. Jika biasanya gratis identik dengan BPJS, mulai 2018 semuanya bisa gratis, tidak harus mempunyai BPJS,” tuturnya.

Mustafa menjelaskan, program ini sudah disosialisasikan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) yang diteruskan ke seluruh Puskesmas di Lampung Tengah. Dengan adanya program tersebut, Bupati yang mengusung gerakan Ayo Ronda ini berharap, masyarakat tidak mengeluhkan lagi biaya pengobatan, terutama bagi kalangan yang tidak mampu.

Selain itu, program “Jemput sakit, Pulang sehat” ini juga menyediakan layanan Ambulan gratis di Puskesmas dan di RSUD. Masyarakat bisa memanfaatkan layanan tersebut dengan menghubungi Call center masing-masing.

“Program ambulan gratis sudah kami launching, tinggal masyarakat memanfaatkannya. Saya juga sudah instruksikan agar tenaga kesehatan tidak mempersulit proses apapun yang menyangkut kebutuhan kesehatan, yang penting sudah prosedur,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Dinkes Lampung Tengah, Khairul, bahwa program tersebut akan dilaksanakan sejak hari pertama di Tahun 2018. Program ini, katanya, dibuat dengan menggunakan APBD Lampung Tengah dalam rangka meningkatkan taraf kesehatan di masyarakat Lampung Tengah.

“Yang punya BPJS bisa berobat gratis. Yang tidak punya, tetap bisa berobat gratis, sembari setelah itu kita arahkan untuk mendaftar BPJS. Untuk fasilitas ambulan, bisa hubungi puskesmas masing-masing, ini sudah kita gratiskan,” jelas khairul.

Selain fokus pada pelayanan pengobatan, Dinkes juga terus mengupayakan pencegahan preventif dengan mengkampanyekan program-program hidup sehat. Mulai dari kampanye pola hidup bersih, kampanye gerak fisik minimal 30 menit per hari, kampanye makan buah dan sayur, serta kampanye pemeriksaan kesehatan sebulan sekali.

“Dengan ini diharapkan derajat kesehatan masyarakat Lampung Tengah dapat ditingkatkan. Harus ada langkah preventif,” tandasnya.

Penulis  : Ibnu
Sumber : Humas
Editor    : Addarori Ibnu Wardi

Tinggalkan Komentar Anda