Tahun Ini, 32 RTLH di Yosomulyo Akan Dibedah

259
Tahun Ini, 32 RTLH di Yosomulyo Akan Dibedah
Lurah Yosomulyo Syaifullah, S.E. ketika diwawancarai Sebatin.com di ruang kerjanya. Foto: Hendra - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Sebanyak 32 Rumah Tak Layak Huni (RTLH) di Kelurahan Yosomulyo Kecamatan Metro Pusat akan dibedah tahun 2017.

Lurah Yosomulyo Syaifullah, S.E. menjelaskan, 32 RTLH tersebut sudah diusulkan mendapat bantuan bedah rumah. 1 rumah mendapat alokasi dari Dinas Sosial (Dinsos) sedangkan sisanya merupakan alokasi dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang.

“Alhamdulillah tahun ini akan dibedah. Itu alokasi dari PU 31 rumah, yang satu lagi dari Dinsos. Kalau yang dari Dinsos kita prioritaskan untuk rumah bapak Jupri karena rumahnya sudah sangat-sangat tidak layak,” jelasnya.

Dikatakannya, RTLH di Kelurahan Yosomulyo berjumlah 40 rumah. Namun, 8 RTLH masih menumpang di tanah milik orang lain. Karenanya, ke-8 rumah tersebut tidak bisa mendapat bantuan bedah rumah lantaran salah satu syarat untuk menerima bantuan, rumah tersebut harus berdiri di atas tanah milik sendiri.

“Yang 8 ini masih bermasalah atau menumpang di tanah milik orang lain. Jadi tidak bisa mendapat bantuan bedah rumah,” paparnya.

Sekarang ini, tambahnya, RTLH banyak rumah baru namun tidak layak huni karena warga tersebut tidak mampu. Hal ini yang menyebabkan RTLH semakin bertambah.

“Rumah baru tapi tidak layak huni itu rumah yang baru dibangun tapi masih geribik. Itu biasanya anak yang baru menikah terus bangun rumah, nah karena tidak mampu akhirnya buat seadanya saja. Itu kita lihat dulu apakah tanahnya itu milik sendiri atau masih numpang. Kalau tanah sendiri nanti tetap kita usulkan,” tutupnya.

(Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda