Tak Hanya di Jakarta, Puluhan Rumah Penduduk di Batanghari Lampung Timur Terkena Banjir

287
Sejumlah warga, Dusun Menur 1, Banjarejo, Batanhari, Lampung Timur, yang sedang gotong royong mengevakuasi kendaraan yang terendam banjir, Jumat (23/2/2018). Foto : Addarori-Sebatin.com

Sebatin.com, Batanghari – Curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir, mengakibatkan sejumlah daerah di Lampung Timur tergenang banjir. Diantaranya, daerah 38, Dusun Menur 1, Banjarejo Batanghari, tepatnya di belakang STKIP banjir menggenang puluhan rumah, Jumat (23/2/2018).

Salah satu warga mencoba melintasi titik banjir, di Banja Rejo, Batanghari, Lampung Timu, Jumat (23/2/2018). Foto : Addarori – Sebatin.com

Ketua RT setempat, Jumani menuturkan, banjir tersebut merupakan banjir tahunan. Namun, untuk kali ini merupakan salah satu banjir terbesar beberapa tahun terakhir ini. Banjir yang setinggi hingga 1 meter tersebut, katanya, mulai menggenangi rumah penduduk sejak jam 01.00 dini hari.

“Itu air hujan. Jam setengah 2 air itu surut. Setelah jam setengah 3 baru air masuk, air kali,” jelasnya.

Banjir tersebut, lanjut Jumani, merupakan luapan dari Kali yang diakibatkan jebolnya gorong-gorong yang menjadi penghubung antar kali yang jebol. Oleh sebab itu, ia berharap agar ada perbaikan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Timur untuk masalah tersebut.

“Yang jelas kami meminta bantuan dari pemkab Lampung Timur, untuk membenahi tanggul,” harapnya.

Jumani menambahkan, sedikitnya ada sekitar 30 rumah, puluhan kendaraan roda dua dan beberapa mobil serta perabotan yang terkena rendaman banjir. “Itu sekitar 30 rumah, termasuk rumah pak RT nya sendiri,” tuturnya.

Dari pantauan Sebatin.com, hingga berita ini diturunkan sudah beberapa bantuan berupa Tenda Darurat, Makanan instan, hingga Perahu, sudah diterima warga Dusun Menur 1, Banjarejo, Batanghari dari beberapa pihak. Diantaranya, dari Forum Pemuda Karya Mandiri, Camat Batanghari, Tim Tagana, dan juga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Timur.

Perahu Bantuan dari BPBD Lampung Timur, diturunkan untuk mengevakuasi warga dan perabotan rumah tangga di Banjarejo, Batanghari, Lampung Timur, Jumat (23/2/2018). Foto : Addarori – Sebatin.com

Sementara itu, BPBD melalui Sekretarisnya, Badri menuturkan, pihaknya menurunkan Tim untuk mengevakuasi para korban serta perabotan rumah tangga. Di Lampung Timur, lanjut Badri, hingga hari ini ada 5 titik yang terkena Banjir.

“Kalau hari ini, jam 9.30 Wib ada 5 titik yang sedang banjir. Diantaranya, Waway Karya, Labuhan Ratu, Bumi Agung, Batanghari, dan Sukabumi.” Jelasnya.

Banjir tersebut merupakan banjir tahunan yang diakibatkan dari curah hujan yang cukup tinggi, serta pendangkalan permukaan air. Sehingga, dia menjelaskan, Pemkab Lampung Timur akan berusaha untuk melakukan normalisasi sungai.

“Kami sampai saat ini belum tahu kondisi yang sebenarnya. Tapi biasanya, luapan air sungai ini akibat pendangkalan permukaan air,” ungkap Badri.

Sehingga, Ia menghimbau kepada masyarakat yang ada di wilayah Lampung Timur untuk tidak membuat rumah dibibir sungai. Dikarenakan, hal itu menyebabkan penyempitan air sungai.

Untuk jumlah penduduk yang terkena Banjir, dari 5 titik banjir, katanya, hanya di Batanghari yang menyebabkan luapan air menimpa penduduk. Sebab, untuk banjir di wilayah lain, hanya menimpa perkebunan.

(Addarori Ibnu Wardi)

Tinggalkan Komentar Anda