Tak Kenal Lelah, Robot-Robot Ini Sortir 200 Ribu Paket Setiap Hari

383
Tak Kenal Lelah, Robot-Robot Ini Sortir 200 Ribu Paket Setiap Hari
Robot-robot sedang melakukan sortir paket yang akan dikirimkan. Foto: Ist

Sebatin.com – Kemajuan teknologi lagi-lagi mengundang decak kagum banyak kalangan, selain kecanggihan dan kepintaran sebuah teknologi yang diciptakan, fungsi dari teknologi bahkan bisa menggantikan tugas manusia. Hal ini yang sekarang sedang diterapkan di perusahaan jasa pengiriman barang.

Sebuah video di kanal Youtube yang diunggah oleh user People’s Daily, China ini menampilkan  robot-robot mungil mensortir paket. Hal ini langsung menjadi viral, bagaimana tidak? Robot-robot dalam video tersebut sangatlah banyak serta mampu mensortir 200 Ribu paket dalam satu hari.

Selain tidak kenal lelah, robot ini juga dapat bekerja selama 24 Jam penuh dalam 1 minggu dan dapat mengisi ulang baterai secara otomatis jika baterai akan habis. Cara kerja robot dalam mensortir adalah seorang pegawai meletakan paket dia atas robot, lalu robot membaca kode yang tertera pada paket dan dibawa ke kotak-kotak yang sesuai dengan alamat transit. Hal ini juga diklaim akan mengurangi kesalahan dalam hal sortir barang.

Yang menakjubkan lainnya, adalah biaya yang dikeluarkan untuk mengoperasikan robot ini sangatlah kecil. Berdasarkan keterangan dalam video tersebut, perusahaan ini dapat mengurangi biaya produksi hingga 70% saat menggunakan robot dari pada menggunakan manusia.

Namun yang menjadi pertanyaan mendasar adalah, kemanakah ratusan pegawai “manusia” yang posisinya tergantikan oleh robot-robot ini? Akankah semua pekerjaan kini digantikan oleh sebuah robot?

Ingin tahu bagaimana robot-robot ini bekerja? Simak video berikut!

(Willi)

Tinggalkan Komentar Anda