Tak Kenal Lelah, Tri Ahmadi Sukses Jalankan Usaha Susu Kambing Segar

680
Tak Kenal Lelah, Tri Ahmadi Sukses Jalankan Usaha Susu Kambing Segar
Tri Ahmadi saat berada di depan salah satu kandang kambing miliknya, Selasa (16/05/2017). Foto: Arifan - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Susu kambing telah lama dikenal masyarakat akan khasiatnya yang luar biasa bagi kesehatan. Hal ini bukanlah mitos ataupun isapan jempol belaka? Sebab, di dalam susu kambing memang mengandung kalsium, asam lemak baik, dan juga kaya akan antioksidan. Jadi, tidaklah mengherankan jika banyak orang yang memanfaatkan susu kambing untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Berbicara mengenai susu kambing, kali ini kita akan berkenalan langsung dengan salah seorang pengusaha susu kambing segar yang ada di Kota Metro. Dialah Tri Ahmadi (38), ayah dua orang anak ini mulai menjalankan usahanya sejak 3 tahun yang lalu.

Pada mulanya, Mas Madi demikian sapaan akrabnya, mengawali usaha susu kambing segar ketika bisnis dagang yang sebelumnya ia geluti mengalami kegagalan. Untunglah saat itu ia sempat berkenalan dengan seorang pengepul susu kambing asal Batanghari, Lampung Timur. Di mana, lewat orang tersebutlah, Madi terinspirasi untuk beralih profesi dari seorang pedagang menjadi peternak kambing perah.

“Setelah saya pikir-pikir, akhirnya saya putuskan untuk alih profesi jadi peternak kambing perah,” terang Madi saat diwawancarai Sebatin.com di kediamannya, Selasa (16/05/2017).

Tak Kenal Lelah, Tri Ahmadi Sukses Jalankan Usaha Susu Kambing Segar 2
Tri Ahmadi saat memberi makan kambing-kambing perahan miliknya. Foto: Arifan – Sebatin.com

Dalam merintis sebuah usaha memang tak semudah membalikkan telapak tangan, ada hal-hal yang perlu disiapkan, dipelajari, dipahami, dan juga dipraktikkan secara berkelanjutan. Sama halnya dengan yang dilakukan Madi, tanpa kenal lelah ia terus membangun usahanya.

“Dulu saya sering digebukin orang, gimana nggak digebukin? Kambing yang harganya cuma 2 juta, dijual ke saya jadi 3 juta dan itu saya bayarin. Soalnya, dulu itu saya memang nggak tahu pasaran harga kambing,” terang pria yang suka guyon ini.

Selain sering tertipu soal harga kambing, ketika kambing peliharaannya sakit, Madi pun tak tahu cara menanganinya.

“Kadang ya mati, tapi kalau masih sempet ya saya jual kambingnya, memang sih harganya pasti anjlok banget,” ungkap Madi mengisahkan pengalaman masa lalunya.

Roda terus berputar, kini Tri Ahmadi telah memiliki 40 ekor kambing di peternakannya. 23 ekor merupakan kambing produktif penghasil susu, sementara sisanya adalah kambing pejantan dan kambing berusia muda. Untuk kambing produktif, lanjut Madi, dalam seharinya 1 ekor kambing bisa menghasilkan 1 hingga 3 liter susu segar.

“Dulu susu-susu tersebut saya setor ke penampung, tapi kalau sekarang orang-orang sudah pada dateng ke sini, mas. Satu liternya saya jual ke mereka Rp. 30 ribu aja,” tuturnya.

Tak Kenal Lelah, Tri Ahmadi Sukses Jalankan Usaha Susu Kambing Segar 3
Susu kambing segar hasil perahan dikumpulkan pada lemari pendingin. Foto: Arifan – Sebatin.com

Ketika Sebatin.com bertanya tentang siapa saja pelanggan yang membeli susu kambing segar darinya, tanpa ragu Madi pun menjawab, bahwa pelanggannya adalah para pedagang susu kambing, masyarakat umum, dan beberapa dokter di Kota Metro.

“Kalau mas tanya apa motivasi dokter-dokter itu beli susu kambing di sini? Jujur saya nggak tahu, mungkin mereka cocok aja minum susu kambing dari sini,” kata Madi ketika menjawab pertanyaan Sebatin.com.

Untuk diketahui, bagi Anda yang tertarik ingin merasakan manfaat dari susu kambing segar, Anda bisa mendatangi langsung rumah Tri Ahmadi di Jalan Ikan Mas, Yosodadi, Metro Timur, Kota Metro, tepatnya di belakang SMA Negeri 1 Metro.

Tak Kenal Lelah, Tri Ahmadi Sukses Jalankan Usaha Susu Kambing Segar 4
Banner usaha yang terpasang di depan rumah Tri Ahmadi. Foto: Arifan – Sebatin.com

Lebih lanjut, Madi menjelaskan, bahwa beberapa orang penting juga pernah meninjau usaha susu kambing segar miliknya, salah satunya adalah Mantan Wakil Gubernur Lampung periode 2009-2014 Ir. H. Joko Umar Said yang saat ini menjabat sebagai Ketua Tim P4K (Percepatan Pembangunan Pertanian Perikanan dan Kehutanan) Provinsi Lampung.

Menurut Madi, usaha ternak kambing perah merupakan bisnis yang menjanjikan, sebab selain menghasilkan susu, masih banyak keuntungan lain yang bisa dihasilkan oleh kambing-kambing tersebut. Bayangkan saja, air seni dan kotoran kambing pun laku untuk dijual, karena memang banyak orang yang memanfaatkannya sebagai pupuk kandang. Selain itu, kambing yang bisa diperah adalah kambing yang baru melahirkan, itu berarti anak-anak kambing pun terhitung sebagai keuntungan. (Arifan)

Tinggalkan Komentar Anda